Main dengan Anak, Cara Penting Ajarkan Keterampilan Hidup

Jangan lupa main, ayah bunda!

Mutia Nugraheni
| 1 Mei 2019 10:11

Dream - Orangtua kerap mencari cara membuat buah hatinya memiliki keterampilan hidup dan pendidikan yang mumpuni. Mulai dari memasukkan ke sekolah terbaik, mengikutinya les yang cukup padat, hingga mengenalkan bahasa asing sejak dini.

Diharapkan di kemudian hari, mereka akan jadi pribadi yang berkualitas dan bisa bersaing. Namun ada hal yang ternyata sangat penting untuk membentuk itu semua dan tak disadari orangtua. Yaitu, selalu meluangan waktu untuk bermain bersama anak.

Sebuah studi yang dilakukan tim dari University of Otago di Selandia Baru, menemukan bahwa hanya dengan bermain dengan anak-anak orangtua dapat mengajari mereka keterampilan hidup. Keterampilan ini akan sangat dibutuhkan anak saat beranjak dewasa.

" Bersaing demi memenangkan lomba lari misalnya, harus menerima kekalahan di permainan dengan sportif. Hal-hal ini justru lebih dimengerti anak usia dini saat mereka bermain dengan orangtuanya," kata Dr. Dione Healey, seorang psikolog yang juga salah satu tim peneliti.

Healey juga menunjukkan bahwa kemampuan seorang anak mengatur perilaku mereka di usia dini dapat menjadi patokan bagaimana mereka dapat bertindak seperti orang dewasa.

Penelitian Dr. Healey berfokus pada permainan terstruktur dan seberapa efektif itu permainan tersebut dalam mengajari anak-anak menangani masalah yang mungkin timbul.

" Jika anak-anak bertindak, mereka tahu apa hukuman atau konsekuensinya. Orangtua sebaiknya selalu mencontohkan hal tersebut dalam permainan," ungkap Healey, seperti dikutip dari Moms.com.

Ia menyarankan, setidaknya orangtua menyediakan waktu selama 30 menit setiap hari bermain dengan fokus bersama buah hati. Jangan lupa main, ayah bunda!

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham

Jangan Lewatkan