Lebaran, Momen Tepat Membentuk Karakter Positif Buah Hati

Jadi momen yang pas untuk mengajarkan nilai dan norma pada anak.

Muhammad Ilman Nafi'an
| 5 Juni 2019 10:16

Dream - Tinggal hitungan hari umat muslim bakal merayakan Hari Raya Idul Fitri. Momen ini biasanya dijadikan ajang silaturahim bagi sanak saudara, kerabat yang sudah lama tidak bertemu.

Direktur Pendidikan Sekolah Karakter Genius Islamic School, Eva Nawiyah mengatakan, momen silaturahmi lebaran seharusnya bisa dijadikan oleh orangtua untuk membentuk karakter positif pada anak.

" Lebaran merupakan momentum yang dinantikan oleh usia anak, karena bagi mereka lebaran memiliki kekhasan dan kebahagiaan tersendiri," ujar Eva dalam keterangan tertulisnya.

Eva menjelaskan, penting bagi orangtua untuk memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk memberi pelajaran karakter dan sopan santun pada anak. Misalnya memberitahu kepada anak, setiap bertemu saudara selalu ucapkan salam.

Bisa dengan mengucapkan assalamualaikum atau mencium tangan pada yang lebih tua

" Pastikan anak berperilaku sopan dan bertutur kata santun saat menerima tamu, bertamu dan saat berinteraksi dengan orang lain," ucap dia.

Saat lebaran, ajak anak dengan mengunjungi semua tetangga, keluarga tanpa membedakan kelas sosial dan status ekonominya. Ceritakan bagaimana pertalian darah orangtua dengan kerabat. Dengan begitu anak juga lebih kenal dengan saudara.

Berikat juga batasan pada anak soal gadget. Jangan sampai saat momen silahturahim dengan banyak saudara anak malah sibuk dengan gadgetnya.

" Hindari anak membawa ataupun bermain gadget saat bertamu atau menerima tamu," kata dia.

Lebih baik bawa mainan lain yang bisa dimainkan bersama. Terutama jika anak bertemu dengan saudara atau kerabat yang seusianya.

Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark

Jangan Lewatkan