Latih Kemampuan Adaptasi Anak, Mulai dengan Cara Ini

Adaptasi merupakan kemampuan dasar untuk tiap tahapan penting kehidupan agar bisa bertahan.

Mutia Nugraheni
| 18 Januari 2021 12:06

Dream - Siapa yang cepat beradaptasi, maka dia yang akan bertahan. Dalam situasi pandemi yang menuntut perubahan secara cepat seperti sekarang, kemampuan adaptasi semua orang diuji sampai batas maksimal, termasuk anak-anak.

Aktivitas berubah drastis, harus melakukan kebiasaan baru, bersekolah di rumah, tak bertemu banyak orang dan hal tersebut dilakukan hanya dalam hitungan bulan. Tentunya ini sangat tidak mudah dan tak semua anak bisa melewatinya dengan mulus.

Adaptasi merupakan kemampuan dasar untuk tiap tahapan penting kehidupan. Merupakan hal krusial bagi orangtua untuk terus melatih kemampuan adaptasi anak menghadapi perubahan secara cepat. Apa saja yang bisa dilakukan orangtua untuk membentuk dan melatih keterampilan adaptasi anak?

" Untuk membesarkan anak yang bisa menyesuaikan diri dengan baik dalam tiap keadaan, posisikan diri terlebih dahulu. Orangtua harus jadi contoh dan juga melakukan berbagai adaptasi dengan baik," kata Sylvia Smith, seorang terapis keluarga, dikutip dari Marriage.com.

Misalnya, jelaskan kepada si kecil saat kondisi ibu sedang kelelahan dan butuh waktu sendiri. Katakan bahwa itu tidak ada hubungannya dengan mereka: " Ibu mengalami hari yang buruk, tapi segalanya akan terlihat lebih baik di pagi hari"

 

Selanjutnya :

Millen Cyrus Tersandung Narkoba (Lagi)

Jangan Lewatkan