Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Langkah Efektif Ajarkan Anak Mengatur Waktu

Langkah Efektif Ajarkan Anak Mengatur Waktu Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Banyak orang dewasa yang tak memiliki keterampilan perencanaan waktu dengan baik. Hal ini karena sejak kecil mereka tak terbiasa belajar mengatur waktu agar aktivitasnya bisa berjalan efektif dan efisien.

Menurut psikolog anak yang juga Co-Founder Children Cafe, Nuri Indira Dewi, sangat penting untuk diajarkan mengatur waktu. Dengan pengaturan waktu,anak-anak memiliki struktur yang membuat mereka lebih mudah memperkirakan apa yang akan terjadi.

"Termasuk kemampuan merencanakan, memprediksi, hingga mengantisipasi, membuat anak-anak tahu apa yang diharapkan dari mereka dan perilaku apa yang dapat mereka tampilkan," ujar Nuri kepada Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Alasan lain, menurut Nuri, kemampuan mengatur waktu sejak awal dapat membuat anak-anak kelak menjadi orang dewasa yang efisien dan lebih terorganisir. Keterampilan mengatur waktu tersebut bisa diajarkan dengan membuat jadwal harian (daily routine).

Pertama, buatlah daftar kegiatan harian anak mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai tidur kembali di malam hari. "Letakkan di tempat yang mudah dilihat anak," saran Nuri.

Kedua, anak-anak usia batita yang belum mengenal huruf dan angka bisa dibuatkan jadwal dalam bentuk gambar. Misalnya, waktu makan diwakili dengan gambar piring dan sendok, waktu mandi dengan gambar sabun dan sampo, waktu bermain dengan gambar boneka atau mobil-mobilan. Cobalah menempelkannya di dinding kamar secara berurutan.

Anak - anak usia batita sudah diketahui belum perlu diajari tentang konsep jam, misalnya jam 1, jam 12 dan seterusnya. Namun, tidak ada salahnya menyebutkan range waktu untuk kegiatan tertentu.

"Misalnya, sambil menunjukkan gambar piring dan sendok kita dapat mengatakan, 'Sekarang kita akan makan, waktunya 20 menit ya' atau 'Adek, kita punya 1 jam untuk bermain bebas, yuk pilih mau main apa', sambil menunjukkan gambar boneka atau mobil-mobilan," tutur Nuri.

Ketiga adalah selalu sebutkan nama kegiatannya setiap kali pergantian waktu. Misalnya dengan menunjukkan gambar jadwal yang terpasang di dinding. Contohnya dengan mengatakan, 'Karena kamu sudah selesai mandi, sekarang kita bisa sarapan deh.'

Lakukan agenda rutin dengan konsisten, baik urutan maupun durasinya. Agar anak tidak bosan, cara kelima yang dilakukan oleh orang tua yaitu membuat kegiatan anak yang bervariasi.

"Namun jangan mengubah urutannya. Misalnya jika kita sudah menentukan setelah mandi, anak bisa makan, baru bermain. Maka berikan pilihan yang berbeda-beda saat bermain," ungkap Nuri.

Laporan Giovani Dio / Liputan6.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Jangan Biarkan Anak Tak Sarapan, Bisa Turunkan Level Konsentrasinya di Sekolah

Sayangnya kegiatan sarapan belum menjadi kebiasaan rutin setiap keluarga di Indonesia.

Baca Selengkapnya
Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Pentingnya Mengajarkan Surat Pendek kepada Anak, Inilah 10 Bacaan yang Cepat Dihafalkan

Mengajarkan surat pendek memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan dan pembentukan kepribadian dalam diri anak.

Baca Selengkapnya
170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

170 Kata-Kata Ibu untuk Anaknya, Berisi Pesan dan Nasehat Mendalam sebagai Parenting

Nasehat dari orang tua kepada anaknya memiliki peran penting dalam membentuk karakter anak dan membantu mereka tumbuh dengan baik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

BUNGKUS! Tips Anak Kos Dapat Makan Gratis dengan Elegan

Sahabat Dream, buat kalian yang anak kost atau lagi tanggal tua, bisa banget ikutin tips ini biar kamu bisa makan gratis. Yuk Simak!

Baca Selengkapnya