Kunci Menenangkan Buah Hati Tanpa Ucapan, Yuk Coba

Mungkin banyak pertanyaan di kepala mengapa sikap anak begitu berbeda, namun ada kalanya anak tak mau ditanya atau belum siap memberi penjelasan.

Mutia Nugraheni
| 16 Juli 2020 10:08

Dream - Anak, terutama di usia remaja kadang memiliki masalah yang tak bisa secara gamblang diungkapkan pada orangtuanya. Sikapnya bisa saja jadi berubah lebih tertutup, menarik diri, atau bahkan memberontak.

Mungkin banyak pertanyaan di kepala mengapa sikap anak begitu berbeda, namun ada kalanya anak tak mau ditanya atau belum siap memberi penjelasan. Kondisi emosinya sedang menurun drastis. Untuk itu cobalah menenangkannya tanpa perlu berbicara.

Bingung bagaimana caranya? Coba saja cara ini.

Sajikan minuman cokelat hangat atau makanan favoritnya
Hidangan hangat bisa membantu meredakan emosi negatif. Penelitian menunjukkan mereka yang memegang sesuatu yang hangat, cenderung memiliki perasaan lebih baik. Jadi, cobalah untuk memberi anak minuman atau hidangan favoritnya yang hangat. Cukup sediakan saja tanpa perlu bertanya apa pun. Cara ini bisa sedikit membantu menenangkan emosinya.

Peluk hangat tanpa bertanya
Cara lain untuk menenangkan anak adalah dengan memberikannya pelukan hangat. Hal ini sering dilupakan orangtua saat anak beranjak remaja. Kadang anak perlu sentuhan fisik menenangkan tanpa perlu nasihat panjang lebar. Kehadiran dan kehangatan orangtua sudah cukup menenangkannya.

Sumber: Parents

Selanjutnya :

Anak Pra Remaja Cenderung Emosi Tinggi, Cari Tahu Trik Menghadapinya

Streaming Riwayat Penyakit Omaswati Sebelum Meninggal Dunia

Jangan Lewatkan