Koin untuk Kontrol 'Screen Time' Ala Ibu Kirana, Wajib Dicoba!

Maksimal, Kirana hanya boleh nonton televisi 60 menit per hari.

Mutia
| 6 Maret 2018 18:04

Dream - Bagi Sahabat Dream yang aktif di Instagram dan suka sekali melihat video-video anak lucu, mungkin sudah sangat akrab dengan Kirana. Putri pertama Retno Hening ini, sejak bayi sudah jadi favorit banyak orang karena karena wajahnya yang imut dan sikapnya yang menggemaskan.

Kini Kirana sudah bersekolah di tingkat taman kanak-kanak, di Muscat, Oman. Sama seperti anak-anak seusianya, Kirana sangat suka menonton televisi. Ternyata Ibu Retno Hening punya
trik khusus agar Kirana hanya nonton televisi maksimal 60 menit sehari.

 

A post shared by retno hening palupi (@retnohening) on

"Koin2 harta karun.. Haha itu sebenernya jumlahnya ada 6. Jadi itu adalah cara ibuk mengatur screentime utk kirana. Jadi pas awal hamil rumaysaa itu, trimester pertama ibuk mabuk,
jarang bisa ajak kirana main.. Trus nonton dan game dijadikan 'senjata ampuh' utk kirana, jadilah sejak itu dia kerjaanya kebanyakan nonton dan ngegame gegara kesalahan ibuknya
sendiri..kebablasan dan ibunya keenakan huhu..," tulis Retno dalam akun Instagramnya.

Koin-koin tersebut dibuatnya dengan bantuan sang suami. Dicetak gambar Little Pony kesukaan Kirana kemudian diplester. Satu koin bernilai 10 menit. Untuk bisa menonton televisi, Kirana harus memberi satu koin tersebut pada sang ibu.

"Karena anak usia dia maksimal 60 menit screen time dalam satu hari, jadi ibuk kasi 6 koin(6x10 menit )/hari. . Jadi jumlahnya 60 menit. Bikin aturan, kalo dia mau ntn dia kasi koin ke ibuk, mau pake berapa koin dan ntn apa?pilih tontonannya Lalu stel alarm selama berapa koin dia pake (kalo satu berarti 10 menit) , kalo alarm nyala berarti koin abis. Nah.. Alhamdulillah berhasil.. Dia malah kadang sayang pake koin nya krn gambarnya little pony hahaha..pernah dia pake cm 1 koin yang artinya cm 10 menit dalam sehari, ditawarin ga mau," ungkap Retno.

Saat koin-koin tak digunakan, Kirana akan bermain dengan mainannya atau membaca koleksi buku yang disiapkan khusus untuknya. Rupanya cara ini bisa membuat Kirana bisa mengontrol dirinya sendiri dalam menonton televisi.

"Alhamdulillah sampe saat ini dia paling2 pake koinnya cm 4 koin.. Artinya 40 menit.. Sehari. Malahan beberapa hari ini lupa sistem koin.. Dia ga minta ntn..main mainannya dan baca buku saja. Berhasil horee!!! Tapiiii... Yang bikin ini ga berhasil justruuuuuuu ibuknya yang kdang nawar2in. . "kirana mau pake koinnya ga??kirana mau ntn ndak? " pas lagi mo nidurin rumaysaa atau banyak kerjaan rumah- - ". Aturan ini berhasil jika anak mau ikut aturan dan ibu konsisten.. - -" Ini berhasil di kirana.. Smoga bisa dicoba dan berhasil di temen2 yg lagi bingung gmn cara mengurangi kebiasaan anak2 dengan gadgetnya.. :)" tulis Retno.

Wah, tak ada salahnya diterapkan di rumah untuk membantu mengontrol screen time anak-anak, Sahabat Dream.

Topik Terkait :

Hanung Bramantyo, Ramadan & Tanggapan Tentang Aksi Teror

Jangan Lewatkan