Ayah, Kunci Utama Ibadah Salat Seluruh Anggota Keluarga

Menegakkan salat harus dibiasakan sejak dini, dan pastinya dimulai di rumah.

Mutia Nugraheni
| 26 Oktober 2020 10:02

Dream - Ibadah salat adalah hal yang wajib bagi setiap muslim yang sudah baligh/ berakal sehat. Merupakan ibadah yang pertama kali dihisab di akhirat dan kedudukannya adalah sebagai tiang agama.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah SAW. Yaitu " salat itu adalah tiang agama (Islam), maka barangsiapa mendirikannya, sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu; dan barang siapa merobohkannya, sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu" (HR al-Baihaqi).

Menegakkan salat harus dibiasakan sejak dini, dan pastinya dimulai di rumah. Keluarga merupakan pondasi utama bagi anak dalam membiasakan ibadah salat. Dalam hal ini, ayahlah yang berperan besar.

Dikutip dari NU Online, Allamah Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad dalam sebuah kitabnya menasihatkan kepada para ayah untuk memastikan anggota keluarganya senantiasa melaksanakan salat sebagaimana perintah Allah SWT. Berikut nasihatnya:

 

 Allamah Sayid Abdullah

“ Wajib bagi Anda memerintahkan kepada siapa saja yang berada di bawah kepemimpinan Anda, baik anak, istri, pelayan, dan sebagainya, agar melaksanakan salat. Jika salah seorang dari mereka tetap enggan melaksanakannya, haruslah Anda nasihati jika perlu mempertakutinya. Jika ia terus membangkang dan berkeras hati untuk tetap mengabaikan shalat, haruslah Anda memarahinya ataupun menghukumnya. Jika sesudah itu semua ia masih tetap menolak, wajiblah Anda mendiamkannnya dan menolak hubungan dengannya sebab orang yang meninggalkan shalat serupa setan yang jauh dari rahmat Allah serta menjadi sasaran murka dan kutukan-Nya” (Sayyid Abdullah bin Alawi al-Haddad, Risâlatul Mu‘âwanah wal Mudhâharah wal Muwâzarah [Dar al-Hawi, 1994], Cetakan II, hal. 102).

 

Selanjutnya :

Kewajiban Ayah

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati

Jangan Lewatkan