Kenali 8 Jenis Kecerdasan Anak, Kembangkan dengan Optimal

Faktanya, anak bisa saja memiliki bakat dan kemampuan lain yang tak dinilai di sekolah.

Mutia Nugraheni
| 30 Juni 2020 14:02

Dream - Prestasi akademik di sekolah seringkali dijadikan tolak ukur orangtua dalam melihat kecerdasan anak-anaknya. Mulai dari kemampuan membaca, berhitung, menghafal serta berbagai pelajaran di sekolah.

Faktanya, anak bisa saja memiliki bakat dan kemampuan lain yang tak dinilai di sekolah. Penting untuk mengetahui bahwa kecerdasan anak ada banyak jenisnya. Mengenali jenis kecerdasan merupakan hal penting yang harus dipelajari oleh setiap orangtua agar pengasuhan dan pendidikan yang diberikan menjadi efektif dan tepat sasaran.

Pasalnya, jika orangtua salah memahami kecerdasan anak, bakat aslinya akan terpendam karena tidak pernah dikembangkan dan anak pun tidak bisa tumbuh dengan optimal sesuai dengan minatnya.

Orangtua harus mengenal macam-macam kecerdasan sesuai dengan penelitian yang diungkapkan oleh Dr. Howard Gardner, profesor bidang pendidikan di Harvard University, Amerika Serikat. Ia mengemukakan sebuah teori yang diberi nama Teori Kecerdasan Majemuk. Howard membaginya menjadi 8 jenis kecerdasan anak.

Apa saja? Yuk cari tahu jenisnya dan cara mengembangkannya.

 

Selanjutnya :

Kecerdasan Linguistik

Masak Pintar dengan SHARP bersama Chef Deny Gumilang | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan