Kelebihan Anak Aktif Menurut Nabi Muhammad SAW

Ternyata ada manfaat positif dari sikap anak yang cenderung aktif.

Mutia
| 11 Oktober 2018 10:11

Dream - Menghadapi polah anak-anak seringkali membuat orangtua kewalahan. Si kecil kerap kali berlarian dan tak tahu bahaya yang mengintai di depannya. Setelah jatuh, mereka pun tak kapok sama sekali

Tetap saja berlarian, melompat, berteriak bahkan memanjat. Ternyata ada manfaat positif dari sikap anak yang cenderung aktif ini menurut Nabi Muhammad SAW. Beliau bersabda:

 HR Tirmizi

Artinya: Aktifnya anak kecil akan menambah akalnya ketika dia dewasa nanti (H.R. Tirmizi)

Dikutip dari Bincang Syariah, menurut Muhammad Ali dalam Shalah al-Buyut fi Juhdi al-Nabi mengutip Imam Munawi mengatakan bahwa aktifnya anak kecil maksudnya kepekaan dan ketajaman instingnya laksana burung gagak yang tangkas dan cepat, keaktifan adalah tanda kecerdasannya.

Muhammad Baqir al-Majlisi dalam Miratul Uqul fi Syarh Akhbari Ali al-Nabi menjelaskan bahwa maksud dari keaktifan anak kecil adalah kecenderungan anak yang senang bermain-main dan itu mengasah kecerdasan anak.

Anak yang suka bergerak, bermain dan tidak bisa diam seperti naik, memanjat, turun berlarian cenderung tumbuh menjadi pribadi yang pintar karena dia banyak mencoba dan belajar dari aktivitas-aktivitas yang ia lakukan.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

JOKOWI AKUI TAHU BAHASA ACEH DI DEPAN ULAMA

Jangan Lewatkan