Kecemasan Kerap Jadi Pemicu Utama Anak Mogok Sekolah

Meski masih berusia muda, anak dan remaja juga bisa diserang rasa kecemasan.

Mutia Nugraheni
| 13 Maret 2019 10:07

Dream - Si kecil punya ribuan alasan saat waktunya ke sekolah? Hal ini tampaknya jadi msalah banyak orangtua. Menghadapinya sering kali membuat orangtua kebingungan.

Padahal ia tidak sakit dan bisa menerima pelajaran dengan baik. Penelitian yang dilakukan tim dari University of Exeter, Inggris, mengungkap kecemasan dapat menjadi faktor yang sangat besar untuk ketidakhadiran di sekolah pada anak-anak dan remaja.

" Meski masih berusia muda, anak dan remaja juga kerap diserang rasa kecemasan yang sangat sampai mereka mogok sekolah. Orangtua dan guru penting untuk membaca tanda-tanda ini," kata Katie Finning, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Moms.

Kecemasan pada anak sering kali diabaikan orangtua dan menganggapnya sepele. Kita juga kerap menekankan bahwa kehadiran di sekolah adalah wajib kecuali dalam kondisi sakit parah.

Padahal bisa jadi anak sedang mengalami masalah psikologis. Sehingga mereka lebih memilih menenangkan diri di rumah daripada harus bertemu dengan banyak orang di sekolah dan menghadapi berbagai respons.

" Pemicu kecemasan ini banyak faktor, bisa dari eksternal maupun internal. Orangtua harus lebih peka melihat kondisi psikologis anak ketika mereka benar-benar membutuhkan waktu sendiri," ujar Finning.

Topik Terkait :

SANDIAGA UNO AKAN LUNCURKAN RUMAH SIAP KERJA UNTUK ANAK MUDA

Jangan Lewatkan