Kebiasaan Sederhana yang Bikin Ikatan dengan Anak Makin Kuat

Mungkin terdengar sepele, tapi efeknya akan sangat besar pada hubungan yang dibangun.

Mutia
| 12 Maret 2018 14:05

Dream - Tak ada hubungan yang bisa berjalan dengan sehat dan baik, jika tanpa diusahakan. Termasuk hubungan orangtua dengan anak. Banyak kasus orangtua yang meski bertemu setiap hari dengan sang anak, tapi sangat jarang berkomunikasi.

Saat berkomunikasi yang terjadi malah konflik dan saling bersitegang. Hal ini bisa jadi aspek komunikasi tak berjalan dengan baik. Begitu juga ikatan yang dibangun tak cukup kokoh.

" Seperti juga hubungan lain, ikatan orangtua dan anak, harus dibangun dengan kebiasaan-kebiasaan kecil sehari-hari. Mungkin terdengar sepele, tapi efeknya akan sangat besar pada
hubungan yang dibangun," ujar Katherine Lee, seorang psikolog keluarga.

Salah satunya adalah kebiasaan makan bersama. Bagi anak yang memiliki ayah dan ibu yang bekerja, waktu yang dihabiskan untuk berbincang sangat sedikit. Untuk itu sebaiknya bangun kebiasaan makan bersama.

" Bisa saat sarapan, makan malam atau minimal saat akhir pekan. Makan dengan keluarga, akan sangat membantu anak dan orangtua membuka pembicaraan, dan saling tahu sudut pandang kondisi masing-masing. Usahakan makan tanpa diganggu gadget dan screen," ujar Lee.

Lee juga mengungkap kebiasaan memeluk dan mencium juga akan sangat menyenangkan dan menenangkan. Keduanya merupakan ungkapan kasih sayang tanpa kata yang langsung bisa dirasakan si kecil.

" Pelukan saat si kecil pergi sekolah dan kecupan hangat jelang tidur, jadi hal yang menenangkan bagi anak. Hal ini juga membuat orangtua jadi lebih bahagia. Bentuk kebiasaan ini dan jangan sampai hilang," ujar Lee.

Saat anak atau orangtua merasa sangat lelah, sedih atau mengalami hari yang berat, saling memeluk kadang jadi obat yang paling mujarab. Ikatan yang kuat bukan hanya membuat anak lebih sehat secara psikologis tapi juga fisik. Begitu juga bagi kondisi psikis dan kesehatan orangtua.

Sumber: Verywell

Topik Terkait :

Apa manfaat dan Tips perawatan baby spa untuk bayi

Jangan Lewatkan