Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kebiasaan Buruk Orangtua yang Bikin Anak Malas Makan

Kebiasaan Buruk Orangtua yang Bikin Anak Malas Makan Anak Mogok Makan

Dream - Banyak orangtua mengeluhkan saat anak melakukan gerakan tutup mulut (GTM) ketika diberi makan. Apapun menu yang diberikan, anak tak mau membuka mulut sama sekali.

Hal tersebut tentunya menyebabkan kekhawatiran. Pasalnya, anak membutuhkan banyak asupan gizi melalui makanan sehari-hari untuk tumbuh kembang yang optimal.

Salah satu penyebab anak malas makan adalah orangtuanya. Ada beberapa kebiasaan buruk para orangtua yang membuat anak tak mau makan. Penasaran apa saja?

Meneriaki Anak saat Menyuapinya

Sebagian besar bayi dan balita memang sangat pemilih soal makanan. Waktu makan adalah waktu yang paling menguji kesabaran orangtua. Meneriaki atau membentak anak hanya akan merusak suasana hatinya dan malah membuatnya marah. Semakin anak dibentak atau diteriaki, dia akan semakin tidak mau mendengar. Untuk itu, ketika menyuapinya, kita perlu melakukannya dengan cinta dan senyuman.

 

Memaksa Anak untuk Makan Banyak

Anak-anak pada dasarnya keras kepala dan tidak suka dikontrol oleh siapa pun. Saat orangtua membuat anak tertekan dengan menyuruhnya makan banyak, anak bisa makin menolak untuk makan.

Bantu anak untuk tertarik dan mau menerima makanan yang kita berikan untuknya. Picu rasa penasarannya untuk mau mencicipi makanan sehat yang kita buat untuknya. Bisa juga libatkan anak dalam proses memasak atau membuat makanan yang akan dikonsumsinya.

 

Mengabaikan Preferensi Makanan Anak

Anak memang punya kecenderungan terlalu pemilih soal makanan. Orangtua pun perlu mengarahkan anak untuk makan makanan sehat dan bergizi. Namun, jangan sampai melupakan preferensi makanan atau makanan kesukaan anak.

Anak bisa saja memiliki makanan tertentu yang paling ia sukai. Kita bisa bantu memenuhinya sembari perlahan-lahan memperkenalkannya pada makanan yang lebih sehat dan seimbang untuknya.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Badan Tak Gemuk Meski Makan Banyak, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan
Badan Tak Gemuk Meski Makan Banyak, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan

Ada beberapa alasan seseorang sulit gemuk meski sudah makan banyak. Penyebabnya pun tidak hanya faktor genetik.

Baca Selengkapnya
Orangtua Tak Konsisten Ternyata Bikin Anak Gampang Ngamuk
Orangtua Tak Konsisten Ternyata Bikin Anak Gampang Ngamuk

"Orangtua yang gak konsisten bikin anak jadi bingung. Anak jadi gak ngerti sebenarnya boleh apa nggak?"

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama
NOTED KAK! POV Kerja Hari Pertama

Sahabat Dream, kalian ada gak yang vermak CV biar diterima kerja? Nah, begini jadinya jika kamu berlebihan menulis profil.

Baca Selengkapnya