Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kebersamaan Ternyata Sangat Dirindukan Keluarga Milenial

Kebersamaan Ternyata Sangat Dirindukan Keluarga Milenial Acara 95 Tahun Frisian Flag.

Dream - Memperingati 95 tahun hadirnya Frisian Flag di Indonesia dibuat sebuah kampanye yang sangat bermakna untuk nilai-nilai keluarga di era digital. Yaitu kampanye "95 Pesan untuk Masa Depan".

Dalam kampanye yang berlangsung sejak bulan Agustus 2017, Frisian Flag Indonesia mengajak keluarga Indonesia berbagi pesan kearifan masing-masing. Terkumpul lebih dari 12.000 pesan kearifan yang dikirimkan oleh belasan ribu keluarga Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia.

Sosiolog Universitas Indonesia Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc, yang telah mengulas sebagian pesan yang terkumpul sepanjang Kampanye "95 Pesan untuk Masa Depan" Frisian Flag Indonesia. Ia pun menekankan beberapa pesan penting yang muncul dari keluarga-keluarga Indonesia.

"Pesan tentang kebersamaan adalah pesan yang paling sering muncul. Selain itu, ada pula tentang keterbukaan, kasih sayang, kemandirian, toleransi pada perbeda pendapat, kepercayaan, sopan santun, dan keharmonisan. Jadi, di era sosial media ini keluarga Indonesia justru semakin rindu berkumpul walaupun gawai bisa mempermudah komunikasi tanpa perlu tatap muka," ujar Profesor Paulus, di Jakarta.

Ia juga menekankan bahwa pesan-pesan kearifan keluarga tersebut penting untuk membangun keluarga yang kuat dan berujung pada bangsa yang kuat. Terutama untuk saat ini di mana informasi yang tidak utuh, penuh kebencian sangat mudah diperoleh dan malah menjadi konflik.

"Konflik tersebut dipertajam dengan tutur kata yang kurang apik di berbagai sosial media. Apabila pesan kearifan benar-benar diwujudkan dan diwariskan terus menerus dalam keluarga sebagai unit terkecil masyarakat, maka konflik seperti itu dapat diredam," ujar Profesor Paulus

Menambahkan penjelasan Prof. Paulus, psikolog keluarga Dessy Ilsanti, M.Psi menilai keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun karakter individu. Perilaku individu dalam menghadapi masalah dan konflik ini menurutnya sangat ditentukan oleh bagaimana keluarga membentuk karakternya.

"Di sinilah pesan kearifan keluarga memainkan perannya sebagai norma pembimbing diri untuk selalu on the right track," ujar Dessy.

Dessy juga menekankan bahwa orangtua adalah teladan utama terdekat dalam memberi contoh bagi anak-anaknya. Cara terbaik meneruskan pesan kearifan di dalam keluarga adalah dengan melakukannya sepenuh hati.

"Contohnya, orangtua mencontohkan dengan bertutur kata lembut baik kepada anak-anak, nenek dankakek, saudara dan kerabat, bahkan kepada mereka yang bekerja membantu di
rumah. Hal ini menunjukkan rasa hormat, sopan santun, selalu menghargai orang lain, dan tidak mudah berucap kasar kepada orang-orang di sekitar kita," tambah Dessy.

Pentingnya pesan kearifan dalam keluarga menjadi tema besar dalam perayaan 95 tahun kehadiran Frisian Flag di Indonesia. Marketing Director Frisian Flag Indonesia Felicia Julian mengatakan Kampanye "95 Pesan untuk Masa Depan" bertujuan untuk mengajak keluarga Indonesia menilik kembali pesan kearifan dalam keluarga dan membagikannya untuk generasi selanjutnya.

"Kegiatan ini membuat kita ingat kembali akan pesan kearifan dari kakek nenek atau orangtua kita dan menguatkan kita dalam menghadapi tantangan yang ada. Semoga pesan kearifan itu dapat terus diwariskan kepada generasi berikutnya," ujar Felicia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi Akui Sudah Beri Ucapan Selamat ke Prabowo-Gibran

Jokowi mengungkap pertemuan itu dihadiri empat orang, namun ia enggan membeberkan siapa saja pihak yang dimaksud.

Baca Selengkapnya
105 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan Asmara, Penuh Nasihat yang Menyentuh Perasaan

105 Kata-Kata Bijak dalam Hubungan Asmara, Penuh Nasihat yang Menyentuh Perasaan

Kata-kata bijak dalam hubungan mengandung nilai-nilai kebijaksanaan, kesabaran, pengertian, komunikasi, dan pengorbanan.

Baca Selengkapnya
90 Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Wakili Perasaan, Penuh Emosi dan Bikin Sedih

90 Kata-Kata Sedih Kehidupan Keluarga yang Wakili Perasaan, Penuh Emosi dan Bikin Sedih

Kehidupan keluarga penuh dengan makna-makna yang bisa mengubah cara pandang kita terhadap cobaan dan ujian.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ajak Anies-Ganjar Majukan Indonesia Bersama, Gibran: Itu Kalau Mau

Ajak Anies-Ganjar Majukan Indonesia Bersama, Gibran: Itu Kalau Mau

Hanya saja ajakan tersebut tergantung dari keputusan masing-masing pasangan calon.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Prinsip Kerja

NOTED KAK! Prinsip Kerja

Sahabat Dream, ada gak sih yang bekerja dengan prinsip ini? Kalau kamu prinsip kerjanya seperti apa?

Baca Selengkapnya