Amankah Membiarkan Buah Hati ke Toilet Umum Sendiri?

Aspek keamanan jadi hal yang harus diperhatikan jika buah hati dibiarkan menggunakan toilet umum sendiri.

Mutia Nugraheni
| 21 Juni 2018 16:03

Dream - Aktivitas buang air di toilet jadi hal yang sangat mendasar untuk diajarkan pada anak-anak, termasuk yang usianya masih di bawah 5 tahun. Saat anak mulai menggunakan toilet sendiri, boleh dibilang kemandiriannya sudah terbentuk.

Namun pertimbangkan lagi jika menyuruh anak untuk ke toilet umum sendiri. Aspek keamanan jadi hal yang harus diperhatikan jika buah hati dibiarkan menggunakan toilet umum sendiri.

" Sebenarnya tak ada usia spesifik, kapan orangtua aman membiarkan anak menggunakan toilet umum sendiri. Justru penting dicatat, anak tak boleh sama sekali dibiarkan menggunakan toilet umum sendirian," ujar Frank Sileo, seorang psikolog.

Banyak hal yang bisa terjadi saat anak berada di toilet umum. Meskipun mereka sudah bisa mengantre, menggunakan toilet dan membersihkan diri dengan baik tapi insiden bisa terjadi. Ada orang-orang jahat yang mungkin saja mencelakai anak dan tak ada kamera cctv di toilet.

" Hal pertama yang harus diingat, anak usia 6 tahun ke bawah tak boleh ke toilet umum sendirian. Harus ditemani, apapun kondisinya. Untuk anak yang lebih besar bisa ditunggui di di pintu keluar dan tetap diawasi," ungkap Sileo.

Ia juga kembali mengingatkan para orangtua untuk selalu mengajarkan anak-anaknya waspada pada orang asing. Jangan mudah percaya meskipun ada yang ingin menolong dan bersikap baik. Terutama di toilet umum.

Jika ada yang mereka takutkan, minta segera lari atau mencari pertolongan dengan berteriak. Hal terpenting adalah memberi pengertian pada anak, tak ada yang boleh menyentuh area intimnya selain orangtua dan dokter.

Sumber: PureWow

Topik Terkait :

Dewi Perssik - Angga Wijaya | Christie SERIBU KALI CINTA THE SERIES Eps 9

Jangan Lewatkan