Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jurus Wanita 'Listrik' Seimbangkan Pengabdian dan Keluarga

Jurus Wanita 'Listrik' Seimbangkan Pengabdian dan Keluarga Tri Mumpuni (Foto: Housing State)

Dream - Insting seorang ibu bisa membuat sebuah desa jadi lebih maju dan memicu gerakan yang luar biasa. Bukan hanya mengabdi untuk suami dan anak-anaknya, tapi juga warga desa terpencil. Seperti sosok Tri Mumpuni begitu menginspirasi banyak orang.

Ibu dua anak ini dikenal sebagai Wanita 'listrik'. Beliau merupakan penggagas dan penggerak Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (Ibeka) yang membuat 60 desa tanpa listrik di
Indonesia, bisa memiliki pembangkit listrik sendiri.

Bersama sang suami, Iskandar Budisaroso, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). Pembangkit tersebut dijadikan sebagai sumber energi listrik bagi desa yang belum dijangkau oleh PT PLN.

Bekerja sama dengan suami tercinta menurut perempuan yang akrab disapa Bu Puni itu dapat menjadi jalan keluar untuk menyeimbangkan urusan keluarga dan pekerjaan. Baginya, sangat penting untuk menjaga komunikasi yang baik, agar suami bisa mengerti aktivitas istri di luar rumah, selain mengurus keluarga.

"Saya setuju dengan ungkapan di balik istri yang sukses, ada suami yang stres," ujar Tri dalam acara bincang-bincang Wardah x WeCare.Id di Jakarta.

Tri Mumpuni di acara Wardah

(Tri Mumpuni dalam acara bincang-bincang Wardah X WeCareId)

Ia juga bercerita kalau kesibukannya mengurus anak sambil mengaktifkan pemberdayaan masyarakat di desa terpencil memang cukup berat. Tapi seiring berjalannya waktu, apalagi
didukung keluarga, semuanya bisa teratasi dengan baik.

"Saat ini, perempuan tidak hanya mengurus dapur, sumur, kasur. Perempuan pun bisa memberikan dampak positif bagi orang lain," jelas wanita setengah abad ini.

Hal yang juga hingga kini dilakukannya agar membuat hidup seimbang adalah menjalani puasa setiap Senin dan Kamis. Kebiasaannya ini dilakukan sejak Bu Puni duduk di SMP.
itu, Tri mempunyai kebiasaan berpuasa Senin-Kamis sejak SMP.

"Mendengarkan kondisi badan adalah hal yang penting," ungkapnya.

Laporan Cynthia Amanda Male

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jatuh Miskin hingga Dicerai Istri, Kini Pelawak Unang Bagito Alih Profesi jadi Pengrajin, ‘Masih Nunggu Panggilan Syuting’

Jatuh Miskin hingga Dicerai Istri, Kini Pelawak Unang Bagito Alih Profesi jadi Pengrajin, ‘Masih Nunggu Panggilan Syuting’

Unang telah menjadi pengrajin selama tiga tahun untuk mengisi kekosongan saat tak ada panggilan syuting

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.