Jangan Sering Duakan Anak dengan Ponsel, Efeknya Bisa Fatal

Anak-anak yang orangtuanya sering bersikap 'menduakan' dengan ponsel cenderung memiliki sikap yang...

Mutia
| 14 September 2018 19:46

Dream - Pernah atau sering sangat fokus pada ponsel dan tak menoleh sama sekali ketika anak mengajak berbicara? Segera hilangkan kebiasaan buruk ini. Efeknya akan sangat besar pada perkembangan perilaku anak.

Anak-anak yang orangtuanya sering bersikap 'menduakan' dengan ponsel cenderung memiliki sikap yang sangat sensitif, mudah marah, hiperaktif dan terbiasa merengek. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim dari Illinois State University.

" Peningkatan penggunaan teknologi digital dapat memengaruhi hubungan orangtua-anak. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa anak-anak lebih mungkin untuk menampilkan perilaku mencari perhatian ketika orangtua sedang fokus dengan hal yang berbau digital," ujar Brandon McDaniel, salah satu peneliti dari Illinois State University, dikutip dari Fatherly.

Ia pun menyarankan saat di rumah bersama anak-anak, orangtua harus memfokuskan pikiran dan fisik. Terutama ketika anak sangat membutuhkan kehadirannya, seperti saat membicarakan hal pribadi atau meminta bantuan mengerjakan tugas sekolah.

Jangan sampai anak selalu merasa 'nomor dua' ketika orangtuanya menggunakan ponsel. Kondisi ini akan sangat menganggu perkembangan psikologisnya.

Anak bisa jadi merasa tak penting dan berpengaruh buruk pada kepercayaan dirinya. Hal ini pun bisa langsung berdampak pada perubahan perilakunya.

Topik Terkait :

Ramai Dibicarakan, Lina Mantan Sule Buka Suara

Jangan Lewatkan