Jangan Ragu Ajarkan Hafalan Surah Pada Anak, Ini Alasannya

Bukan hanya sebagai 'modal' bacaan salat kelak mereka baligh dan wajib salat, tapi juga membawa keberkahan baginya.

Mutia
| 9 September 2018 17:32

Dream - Sebagai seorang muslim, wajib bagi kita para orangtua untuk menanamkan nilai-nilai keislaman pada anak sedari kecil. Salah satunya adalah mengajarkan anak surah-surah dalam Alquran.

Bukan hanya sebagai 'modal' bacaan salat kelak mereka baligh dan wajib salat, tapi juga membawa keberkahan baginya. Banyak orangtua yang ragu untuk mengajarkan anaknya hafalan surah karena anak kadang menjadikannya bahan candaan atau membacanya saat di kamar mandi.

Terkait hal ini, Fadhilatusy Syaikh Muhammad ibnu Shalih Al-’Utsaimin memberikan jawabannya. Seperti dikutip dari Asysyariah.com, ayah dan ibu wajib mengajarkan Alquran pada anak agar nantinya mereka lebih mudah menghafal.

Penting juga memperingatkan anak agar tidak membaca Alquran di tempat yang tidak sepantasnya. Jika anak-anak tetap melakukannya maka mereka belum mukallaf (belum dibebani syariat, belum terkena perintah dan larangan), mereka tidak berdosa.

Saat orangtua mendengar si anak membacanya di tempat yang tidak layak, hendaknya menerangkan bahwa hal itu tidak boleh. Anak kecil harus dibimbing untuk banyak menghafal Alquran.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

Polisi Menyita Akun Ahmad Dhani

Jangan Lewatkan