Jangan Nikah Muda Tanpa Perencanaan Matang, Alasannya...

Sebelum memutuskan menikah muda, pertimbangan perlu dilakukan secara matang.

Mutia Nugraheni
| 23 April 2018 19:24

Dream - Seruan untuk menikah muda kini sedang ramai digaungkan. Salah satu alasannya untuk menghindari zina atau pergaulan bebas. Namun faktanya, tujuan menikah jauh lebih bermakna dari hal tersebut.

Salah satunya membangun keluarga yang berkualitas, mengoptimalkan kemampuan diri dan pasangan serta membentuk generasi-generasi yang mumpuni. Untuk itu sebelum memutuskan menikah muda, pertimbangan perlu dilakukan secara matang.

Termasuk membicarakan dengan pasangan soal rencana memiliki keturunan. Bisa jadi setelah menikah masih ada target-target yang ingin dicapai, terutama oleh istri. Seperti menyelesaikan kuliah, mengejar jenjang yang lebih tinggi atau mungkin mengembangkan bisnis.

" Penting bagi perempuan untuk menentukan keputusan bagi dirinya dan membuat perencanaan," jelas Febria Indra Hastati, Psikolog Brawijaya Clinic dalam acara peluncuran situs Moth3rs.com di bilangan Jakarta Selatan, Senin 23 April 2018.

Jika memang keputusan menikah tetap diambil, mungkin untuk menunggu rumah tangga lebih stabil, kehamilan bisa ditunda lebih dulu. Sambil mematangkan usia dan meningkatkan kesiapan mental serta ekonomi.

" Ketika hamil kan fisik dan psikisnya berubah, makanya harus dipersiapkan. Seorang ibu harus bisa menyeimbangkan suasana rumah tangga juga," ujar Febria.

Pentingnya perencanaan ini juga didasari oleh proses tumbuh kembang anak yang terpengaruh jika fisik dan psikis orangtua belum siap. Dengan kondisi orangtua yang sudah siap baik mental dan finansial, tentu akan sangat baik bagi perkembangan anak dan kondisi rumah tangga nantinya.

" Dengan perencanaan keluarga dan pertimbangan masa kehamilan, anak bisa tumbuh lebih optimal, siap menghadapi tantangan, terjalinnya iklim pernikahan yang kondusif serta terciptanya kesejahteraan psikologis perempuan di dalam melakoni aneka peran," ujar Widwiono, Direktur Bina Kesertaan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Topik Terkait :

Teaser - Merangkai Imaji, Hidupkan Mimpi (Reimagine Travel Through Art) - SingapoReimagine - Visit Singapore

Jangan Lewatkan