Jangan Lupakan Tiga Menit Terpenting Bersama Buah Hati

Memastikan bahwa Anda memiliki waktu khusus dan fokus dalam mendengarkan keluh kesah si kecil.

Mutia
| 14 Juni 2018 10:35

Dream – Berapa lama waktu yang Sahabat Dream habiskan dalam sehari bersama buah hati? Umumnya, orangtua yang bekerja hanya menghabiskan waktu di rumah untuk memasak sarapan dan makan malam, membacakan buku, serta ucapan selamat malam menjelang tidur.

Nataliya Sirotich, seorang psikolog mengungkap bahwa ada tiga menit terpenting dalam sehari yang dibutuhkan orang tua dan anak untuk meningkatkan kepercayaan.

“ Tiga menit yang orangtua sediakan untuk buah hatinya dapat meningkatkan sebuah kepercayaan ketika mereka hendak remaja,” ujar Nataliya.

Tiga menit yang dimaksud, menurutnya bukan berarti Anda hanya menghabiskan tiga menit saja dalam sehari. Tapi, cara ini dapat memastikan bahwa Anda memiliki waktu khusus dan fokus dalam mendengarkan keluh kesah si kecil.

Nataliya memaparkan bahwa hal pertama yang bisa orangtua lakukan ialah meluangkan waktu bersama anak dan melakukan kegiatan yang mereka sukai.

“ Kemudian, dengarkanlah berbagai cerita dan keluh kesah mereka. Agar terlihat seperti benar-benar menyimak, ulanglah informasi yang didengar untuk memastikan bahwa Anda memang benar memahaminya,” katanya.

Ingatlah untuk jangan pernah menunjukkan kegembiraan palsu. Jika si kecil mengetahuinya, ia akan kecewa dan enggan untuk bercerita lagi. Tunjukkan bahwa Anda senang mendengarkan kisah-kisah mereka.

“ Terakhir, hindarilah beradu pendapat. Jika Anda tidak sependapat, beri tahu apa alasannya. Hal ini agar buah hati memahami apa alasan Anda dan belajar menerima perbedaan pendapat,” papar Nataliya.

Apabila Anda mengabaikan tiga menit tersebut, maka hal ini akan berakibat buruk bagi si kecil. Mereka akan merasa tidak memiliki kesempatan untuk menceritakan semuanya kepada Anda, seperti keluh kesah, hal-hal menyenangkan yang mereka lewati, pertemanan, dan lainnya.

Sahabat Dream pun juga akan kehilangan banyak informasi bagaimana perkembangan mereka. Hal ini akan berdampak buruk pada hubungan orangtua dan anak. Jadi, maksimalkan waktu 3 menit dalam sehari untuk berkomunikasi dengan buah hati kesayangan.

Laporan Dina Nazhifah

Sumber: Brightside

Topik Terkait :

RAHASIA AWET MUDA WIDE

Jangan Lewatkan