Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Jangan Abai, Beri Pendampingan Saat Anak Main Gadget

Jangan Abai, Beri Pendampingan Saat Anak Main Gadget Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Pandemi membuat anak-anak sangat bergantung pada layar, mulai dari menggunakan ponsel, tablet, laptop, hinga PC untuk aktivitas di sekolah maupun mencari hiburan. Mungkin orangtua sebisa mungkin melarang atau mengurangi 'screen time' anak, tapi dalam situasi seperti sekarang cenderung sulit dilakukan.

Gadget dan laptop juga kerap disalahkan atas keterlambatan bicara, kelebihan sensorik, kurang tidur, dan pengaruh buruk lain pada anak. Ternyata 'screen time' tak selamanya buruk. Simak hasil survei yang dilakukan pada 20.000 keluarga.

"Temuan kami menunjukkan bahwa ada sedikit dukungan untuk teori bahwa penggunaan layar digital, dengan sendirinya, berdampak buruk bagi kesejahteraan psikologis anak-anak. Jika ada, temuan kami menunjukkan konteks keluarga yang lebih luas, bagaimana orang tua menetapkan aturan tentang waktu layar digital, dan jika mereka secara aktif terlibat dalam menjelajahi dunia digital bersama-sama, itu lebih penting daripada tak memberikannya sama sekali," ujar Andrew Przybylski dari Oxford Internet Institute dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Fatherly.

Pryzbylski dan timnya tidak menemukan korelasi antara pedoman penggunaan teknologi dan kesejahteraan mental anak-anak. Mereka mengatakan hasil ini kemungkinan besar karena fakta bahwa AAP (American Academy of Pediatrics) menyusun pedomannya berdasarkan data lama.

"Peneliti berkewajiban untuk melakukan penelitian yang cermat dan terkini yang mengidentifikasi mekanisme dan sejauh mana paparan waktu layar dapat memengaruhi anak-anak,” ujar peneliti lain, Netta Weinstein dari Universitas Cardiff mengatakan dalam pernyataan itu.

Apakah ini berarti orangtua bisa lebih longgar dalam memberikan gadget? Tidak juga. Peneliti menekankan kalau batasan durasi penggunaan gadget tak selalu yang utama, tapi juga harus dibarengi dengan pendampingan orangtua.

Cegah Nyeri Leher dan Punggung Pada Anak Saat Sekolah Online

Dream - Sekolah di rumah secara online tampaknya masih terus berlanjut di semester depan. Pasalnya, kasus Covid-19 di Indonesia masih sangat tinggi, bahkan disebut-sebut sedang mencapai puncaknya.

Jadi para orangtua, bersiaplah untuk mendampingi anak kembali bersekolah di rumah di semester dua. Salah satu yang penting diperhatikan saat anak sekolah online adalah membuatnya nyaman dan terhindari dari sakit leher dan punggung.

Seperti yang kita tahu, duduk berjam-jam di depan komputer menatap layar dalam waktu lama membuat mata, leher, dan punggung tegang. Bukan hanya orang dewasa yang mengalami, anak-anak juga demikian.

Rasa tegang tersebut lama kelamaan bisa menjadi nyeri dan sangat menggangu tumbuh kembang anak. Ditambah selama di rumah, anak sangat kurang melakukan aktivitas fisik.
Demi melindungi buah hati dari masalah sakit leher dan punggung karena terlalu lama kelas online di depan layar, pastikan lakukan hal-hal berikut.

 

Perbaiki posisi meja yang stabil

Meja rumah sebaiknya serupa dengan ruang kelas. Jangan biarkan anak untuk membungkuk, berbaring dan mengikuti kelas dengan gadget. Lebih baik menggunakan laptop atau PC dan letakkan di meja yang sesuai dengan tubuhnya.

Biasakan anak untuk menjaga postur tubuh yang benar saat mereka duduk dan belajar di meja. Kaki harus menyentuh tanah, layar ditinggikan pada tingkat yang tepat sehingga anak tidak perlu membungkuk dan melihat lurus ke depan ke layar komputer.

Jika memiliki anak di bawah 8 tahun, pertimbangkan untuk membeli meja atau kursi khusus yang sesuai dengan strukturnya dan tidak membahayakan punggungnya.

 

Gerakan peregangan

Terlalu lama melihat layar dapat menyebabkan stres yang tidak perlu pada mata, leher, dan otot punggung. Duduk berjam-jam juga dapat membuat si kecil tidak aktif secara fisik.

Solusi sederhana untuk ini adalah memberi tahu mereka untuk sering-sering beristirahat di antara kelas. Ini bisa berupa jalan-jalan sederhana di sekitar ruangan atau melakukan gerakan peregangan otot dan meningkatkan fleksibilitas. Setiap satu jam kelas online, lakukan jalan kaki atau aktivitas peregangan selama 5-10 menit.

Penyangga punggung bawah mereka
Saat duduk dan fokus pada laptop, kita memberi banyak tekanan pada otot punggung bawah dan daerah pinggang.

Penekanan ini ekstra juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak anak cenderung membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk, yang akhirnya dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Untuk mengatasi masalah ini, coba taruh penyangga punggung bawah mereka dengan menggulung bantal atau handuk yang nyaman di sandaran kursi saat mereka duduk. Ini akan membuat anak jauh lebih nyaman.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Liburan Anak Banyak Main Gadget, Lakukan 5 Hal untuk Jaga Kesehatan Matanya

Jangan sampai setelah libur panjang, kesehatan mata anak mengalami masalah.

Baca Selengkapnya
5 Cara Efektif Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak

5 Cara Efektif Mengurangi Ketergantungan Gadget pada Anak

Peran orang tua memiliki signifikan yang besar terkait penggunaan perangkat gadget kepada anak-anak.

Baca Selengkapnya
Pakai Gadget Seharian,  Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Pakai Gadget Seharian, Lakukan 6 Langkah Agar Mata Selalu Sehat

Di era digital ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bukan Dimasukkan Beras, Ini Tips Mengeringkan HP Android dan iPhone yang Basah dengan Benar

Bukan Dimasukkan Beras, Ini Tips Mengeringkan HP Android dan iPhone yang Basah dengan Benar

Kita tetap harus berhati-hati dan mengikuti langkah-langkah yang benar untuk mengeringkan ponsel yang basah.

Baca Selengkapnya
Dokter Ingatkan Jaga Kesehatan Mata Saat Harus Pakai Gadget Seharian

Dokter Ingatkan Jaga Kesehatan Mata Saat Harus Pakai Gadget Seharian

Bekerja dengan memakai gadget seharian bisa mengganggu kesehatan mata jangka panjang. Cegah hal tersebut dengan beberapa tips dari ahli.

Baca Selengkapnya
Stuck Pada Gadget Berjam-jam, Efeknya ke Fisik dan Mental

Stuck Pada Gadget Berjam-jam, Efeknya ke Fisik dan Mental

Bukan hanya anak-anak yang akan terkena dampak negatif dari terlalu lama bermain gadget, orang tua pun akan merasakan efeknya.

Baca Selengkapnya
Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Panduan Memilih dan Memakai Sunscreen untuk Anak

Sunscreen disarankan untuk dipakai sejak bayi, namun pemakaiannya harus tepat. Produknya pun harus dipilih dengan cara yang tepat agar perlindungannya maksimal.

Baca Selengkapnya
Screen Time Berlebih Bisa Picu Gangguan Perkembangan Emosi Anak

Screen Time Berlebih Bisa Picu Gangguan Perkembangan Emosi Anak

Pemakaian gadget tidak hanya berdampak pada kecerdasan anak. Hal tersebut juga bisa menyebabkan gangguan perkembangan emosi.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya