Jaga Hubungan Ayah Bunda Selalu Solid Saat Hamil

"Ibu yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang sangat drastis dan mempengaruhi kondisi moodnya".

Mutia Nugraheni
| 11 Desember 2018 12:12

Dream - Kabar kehamilan bagi pasangan suami istri tak hanya memunculkan kebahagiaan, tapi juga tantangan. Dengan kehadiran bayi kecil tentu akan sangat mengubah kebiasaan dan perspektif pasangan, terutama soal masa depan.

Ada kalanya suami istri memiliki pandangan yang berbeda terkait hal tersebut. Beda argumen pun terjadi, sehingga muncul perdebatan dan pertengkaran. Hal ini sebenarnya dilalui banyak pasangan.

" Ibu yang sedang hamil mengalami perubahan hormon yang sangat drastis dan mempengaruhi kondisi moodnya. Untuk itu penting bagi ayah untuk mencari informasi tentang kehamilan, demi menyiapkan diri menghadapi perubahan yang dialami ibu," kata Sreoshi Sengupta, seorang pakar hubungan, dikutip dari MomJunction.

Level kepanikan dan kekhawatiran perempuan anak naik berkali-kali lipat saat hamil. Kesalahan kecil bisa sangat membuatnya jadi marah atau depresi. Peran ayah begitu besar dalam mendampingi ibu dan menjaga kesehatan fisik serta mentalnya selalu stabil.

" Usahakan untuk mengikuti kelas parenting bersama, menggali informasi atau berdiskusi dan membaca buku soal kehamilan dan persalinan yang sama. Ini bisa menambah pengetahuan dan membuat hubungan jadi makin kompak," ungkap Sengupta.

Bicarakan juga soal rencana dalam waktu dekat dan masa depan. Misalnya biaya persalinan, memilih dokter, pembagian waktu mengurus bayi hingga biaya sekolah. Membagi pemikiran kadang kala membuat beban jadi ringan. Bukan hanya pada suami, tapi juga istri.

Kekompakan suami istri akan sangat diuji di masa-masa ini. Terutama ketika bayi sudah lahir. Tetap solid, ayah bunda!

 

Topik Terkait :

Puasa Pertama Atta Bareng Aurel: Baju Baru Plus Disuapi

Jangan Lewatkan