Islam Ingatkan Orangtua, Ajarkan Buah Hati Menjaga Lisan

Menjaga lisan termasuk amal yang sangat utama lagi dicintai Allah.

Mutia Nugraheni
| 21 Juli 2021 16:03

Dream - Ucapan atau lisan bisa berdampak sangat baik pada tumbuh kembang anak, atau bisa juga sebaliknya. Membuat anak yang sebelumnya ceria, menjadi sedih, hatinya terluka, bahkan menjadi sosok yang pendendam.

Saat mengasuh dan mendidik anak, orangtua kerap kali kurang sabar dan penuh emosi. Dalam kondisi ini, biasanya terucap hal-hal buruk. Sebisa mungkin saat marah dengan anak, jangan sampai keluar kata-kata buruk dari mulut orangtua.

Islam mengajarkan satu akhlak yang sangat penting untuk dimiliki adalah menjaga lisan. Dikutip dari Daarut Tauhid, lisan bisa menjadi jalan bagi teraihnya surga. dan juga bisa menjerumuskan manusia ke dalam neraka.

Rasulullah SAW memberikan panduan bagi umatnya tentang bagaimana memanfaatkan lisan sehingga mendatangkan manfaat dan menjauhkan mudharat.

“ Barangsiapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir hendaknya dia berkata yang baik atau diam" .

Hal yang penting diajarkan dan dicontohkan pada anak soal terkait menjaga lisan adalah selalu ingatkan kalau menjaga lisan termasuk amal yang sangat utama lagi dicintai Allah. Menjadi tolok ukur keimanan seseorang dan jalan bagi kebaikan, dan pengundang hadirnya ampunan Allah SWT.

“ Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu sekalian kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki amalan-amalanmu dan mengampuni dosa-dosamu. Barangsiapa mentaati Allah dan rasul-Nya, maka sesungguhnya dia telah mendapat kemenangan yang besar.” (QS.al-Ahzab [33]:70-1)

 

Selanjutnya :

Menjauhkan dari rahmat Allah

Biaya Kremasi 80 Juta, Hotman Paris Colek Kapolri

Jangan Lewatkan