Islam Ajarkan Orangtua Penuhi 4 Kebutuhan Psikologis Buah Hatinya

Selain materi, ada juga yang sangat dibutuhkan anak, yaitu perhatian, komunikasi dan lingkungan sosial yang sehat.

Mutia Nugraheni
| 10 Juli 2020 08:03

Tanda-tanda Keluarga Sakinah Menurut Islam Terwujud di Rumah

Dream - Doa-doa dengan sebutan “sakinah mawaddah warahmah” selalu kita dengar ketika adanya pernikahan. Setelah menikah, kita bukan lagi hanya berdua dengan pasangan, tapi menjadi sebuah keluarga besar.

Harapannya, dengan menikah dan kehadiran anak, akan memberi ketentraman. Dikutip dari BincangMuslimah.com, pernikahan dianggap sebagai gerbang untuk melanjutkan kehidupan selanjutnya, memelihara keluarga kecil yang akan berdampak pada struktur yang lebih besar yakni kehidupan bermasyarakat.

Apabila dilihat dari segi bahasa, sakinah berasal dari kata “sakana” yang berarti tenang, tenteram, dan damai. Secara istilah, sakinah bermakna keluarga yang terbangun atas dasar cinta kasih dan kasih sayang serta rahmah dalam bimbingan Allah SWT dan tuntunan Rasulullah SAW.

Ajaran Islam

Keduanya mengacu pada makna membentuk rumah tangga dengan situasi dan kondisi yang tenang, tenteram dan damai, dalam ajaran agama Islam.

Dalam paparan Relasi Suami dalam Islam (Pusat Studi Wanita (PSW) UIN Jakarta, 2004), Sri Mulyati menuliskan bahwa keluarga sakinah bisa diartikan sebagai keluarga atau rumah tangga dalam artian institusi terkecil masyarakat yang berfungsi sebagai wahana untuk mewujudkan kehidupan yang tentram dan sejahtera, dinaungi cinta dan kasih sayang di antara para anggotanya.

 

 

Selanjutnya :

4 Kiat Menuju Keluarga Sakinah

Dreamitie Online Meet Up

Jangan Lewatkan