Islam Ajarkan Orangtua Penuhi 4 Kebutuhan Psikologis Buah Hatinya

Selain materi, ada juga yang sangat dibutuhkan anak, yaitu perhatian, komunikasi dan lingkungan sosial yang sehat.

Mutia Nugraheni
| 10 Juli 2020 08:03

Dream - Orangtua akan rela bekerja keras melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan materi anak. Sekolah yang bagus, makanan bergizi, fasilitas bermain dan belajar yang memadai dan masih banyak lagi.

Selain materi, ada juga yang sangat dibutuhkan anak, yaitu perhatian, komunikasi dan lingkungan sosial yang sehat. Hal ini merupakan kebutuhan psikologis yang juga harus dipenuhi oleh orangtua.

Dikutip dari BincangMuslimah.com, Dr. Faizah Ali Syibromalisi dalam salah satu makalahnya yang berjudul “ Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Sorotan Agama” menjelaskan bahwa ada kebutuhan psikologis anak yang harus dipenuhi orantua dalam sorotan Islam. Apa saja?

1. Pelukan dan ciuman

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Al-Aqra’ bin Habis At-Tamimi pernah melihat Nabi Muhammad SAW sedang mencium Hasan bin Ali (cucunya), lalu ia berkata, “ Sungguh, aku memiliki sepuluh anak, namun aku tidak pernah mencium satupun dari mereka.” Nabi Muhammad bersabda, “ Siapa yang tidak menyayangi, maka ia pun tidak akan disayangi.” (H.R. Ibnu Hibban)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak-anak kecil, terlebih bila anak itu berasal dari darah dagingnya sendiri, yakni cucu beliau. Bahkan di dalam hadis lainnya, beliau bersabda, “ Bukan termasuk dari golongan dari kami orang yang tidak menyayangi anak kecil kami dan tidak menghormati orang tua (orang dewasa) kami.” (H.R. At-Tirmidzi). Dan memberikan pelukan dan ciuman kepada anak-anak adalah salah satu bentuk sentuhan psikologis yang sangat dibutuhkan mereka.

 

Selanjutnya :

2. Menghormati dan mengelus anak

Streaming NUFF 2020 : Securing Financial Support For Fashion SMEs Bersama Puguh Puji Wibowo dan Sepyan Uhyandi

Jangan Lewatkan