Islam Ajarkan Ibu Hamil untuk Selalu Berpikir Positif

Saat ibu hamil memiliki sifat khusnudzon maka ketakutan-ketakutan yang ada dalam dirinya akan senantiasa hilang.

Mutia Nugraheni
| 13 Maret 2021 10:21

Dream - Tak dipungkiri, para ibu hamil kerap mengalami kecemasan. Banyak hal yang jadi pemicunya, termasuk perubahan hormon. Kondisi tubuh, janin dalam kandungan, proses persalinan, keuangan dan hal lainnya sering membuat ibu hamil khawatir hingga sulit tidur.

Islam mengajarkan agar ibu hamil kerap berpikiran positif, berprasangka baik atau khusnudzan. Hal ini akan membentuk pada kebahagiaan ibu hamil. Dikutip dari Bincangmuslimah.com, semakin tinggi khusnudzan yang diperoleh maka akan semakin tinggi kebahagiaan yang dimiliki ibu hamil.

Sebaliknya, jika khusnudzon yang dimiliki rendah, maka akan semakin rendah kebahagiaan yang dimiliki oleh ibu hamil. Khusnudzan menekankan pada proses mempercayai Allah dan hanya kepada-Nya tempat mengadukan segala persoalan dan seluruh ridha kepada qadha dan qadar-Nya, serta batin yang selalu tenang dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi walaupun sesuatu yang dicita-citakan tidak sesuai dengan kehendak Allah.

Saat ibu hamil memiliki sifat khusnudzon maka ketakutan-ketakutan yang ada dalam dirinya akan senantiasa hilang seiring dengan kedekatan dan keridhaannya pada Allah. Hal yang demikian juga senada dengan sabda rasulullah yang berbunyi:

 

 HR Muslim no 4849


“ Sesungguhnya Allah berkata : Aku sesuai prasangka hambaku padaku. Jika prasangka itu baik, maka kebaikan baginya. Dan apabila prasangka itu buruk, maka keburukan baginya.” (HR. Muslim no. 4849)

 

Selanjutnya :

Berprasangka Baik

Biaya Kremasi 80 Juta, Hotman Paris Colek Kapolri

Jangan Lewatkan