Intuitive Parenting, Pengasuhan Penting di Era Digital

Apa yang dimaksud dengan intuitive parenting?

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 14:04

Konsisten dengan Aturan

Sebagai orangtua, tugas kita adalah mengajari anak-anak Anda perbedaan antara benar dan salah, yang berarti juga harus mengikuti aturan. Jadi, ketika Anda melakukan sesuatu yang salah, membuat kesalahan, atau kehilangan ketenangan, akui dan minta maaf.

Kita juga perlu memastikan kedisiplinan dilakukan dengan konsisten, tetapi fleksibel. "Misalnya, akan ada saat-saat ketika kita akan mengatakan tidak kepada anak dengan tegas. Kemudian akan ada saat lain ketika kita menyadari bahwa telah membuat kesalahan atau mungkin menanggapi anak dengan terlalu keras," kata Lockhart.

Mengendalikan emosi

Jika kehilangan ketenangan di depan anak-anak, mereka mungkin menjadi takut atau cemas, terutama pada balita. Setiap kali kehilangan kendali, berteriak, atau berdebat dengan seseorang, tunjukkan bagaimana kita bisa tetap tenang dan menyelesaikan masalah dengan baik. Ketika melakukannya, orangtua menunjukkan kepada anak seperti apa kecerdasan emosional itu.

Jika benar-benar kehilangan ketenangan, pastikan untuk meminta maaf dan bertanggung jawab atas emosi negatif yang keluar. Melakukannya adalah cara lain untuk mencontohkan perilaku sehat.

 

 

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan