Intuitive Parenting, Pengasuhan Penting di Era Digital

Apa yang dimaksud dengan intuitive parenting?

Mutia Nugraheni
| 1 Maret 2021 14:04

Dream - Informasi dari banyak sumber membuat para orantua bisa belajar dengan mudah soal pengasuhan anak. Pengalaman dari orang lain yang kerap dibagikan di media sosial, buku digital, seminar online dan banyak sumber membuat orangtua juga bisa menggali banyak hal soal mengasuh anak.

Sementara di sisi lain, banjirnya informasi ini membuat orangtua juga semakin stres. Ada yang cemas karena khawatir, apakah pengasuhan sudah tepat atau belum. Ada juga yang tertekan dan merasa bersalah, karena merasa tak mampu memberi pengasuhan terbaik.

Hal ini bertambah parah dengan konten-konten ‘family goal’ di media sosial yang sering dijadikan referensi. Stres, cemas dan rasa bersalah itu sesungguhnya bersumber pada satu hal, keinginan orangtua memberi yang terbaik bagi anak-anak mereka.

“ Ada istilah Intuitive Parenting (IP). Pendekatan ini merupakan pengasuhan dengan mengandalkan apa yang dirasa orangtua memang terbaik untuk anak,” ujar Psikolog Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi dalam talkshow acara penutupan Cussons Bintang Kecil 9- Konser Eksplorasi, Minggu 28 Februari 2021.

 

Selanjutnya :

Membuat Orangtua Lebih Percaya Diri

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan