Inspirasi Nama untuk Si Kecil, 7 Nama Anak Nabi Muhammad SAW

Beliau memberi nama yang indah dan penuh makna untuk ketujuh anaknya.

Mutia
| 8 Oktober 2018 08:09

Dream - Nama adalah doa. Untuk itu sebagai seorang muslim, tentunya kita ingin memberi nama yang penuh makna pada buah hati. Tak hanya indah tapi juga berisi untaian doa serta pengharapan kepada Allah SWT.

Cobalah untuk mempertimbangkan nama-nama anak Nabi Muhammad SAW. Beliau memberi nama yang indah dan penuh makna untuk ketujuh anak kesayangannya.

Dikutip dari DalamIslam.com, berikut nama-nama anak Nabi Muhammad dan maknanya.

Fatimah Azzahra
Fatimah binti Muhammad atau dikenal dengan sebutan Fatimah AzZahra dikenal karena kebaikan dan sifat mulianya. Beliau dijuluki sebagai seorang yang memiliki karakter sangat mirip dengan Nabi Muhammad.

Namanya memiliki arti “ Fatimah yang selalu berseri”, nama tersebut merupakan doa dari Nabi Muhammad agar kelak anaknya selalu memiliki wajah dan hati yang berseri dalam keadaan apapun agar dapat memberikan kebahagiaan dan menjadi teladan bagi semua orang di sekitarnya.

Ruqayyah binti Muhammad
Putri Nabi Muhammad ini lahir pada 7 tahun sebelum diutusnya kenabian, 20 tahun sebelum H atau tahun 603 Mekkah. Pada waktu itu umur Nabi Muhammad ialah 33 tahun. Ruqayyah memiliki gelar Dzat al Hijratain, namanya memiliki arti kelembutan.

Zainab binti Muhammad
Merupakan anak sulung Nabi Muhammad. Lahir pada 23 tahun sebelum hijrah. Arti nama Zainab sendiri yaitu kecantikan.

Ibrahim bin Muhammad
Yakni seorang anak bungu dari Nabi Muhammad dengan istrinya Maria al Qibtiya. Lahir pada akhir bulan dari tahun 8 Hijriah, ia diberi nama Ibrahim yang berarti sama dengan nama salah satu leluhur bagi bangsa Arab dan Israel.

Pada waktu itu Nabi Muhammad sangat lama menanti akan adanya keturunan yang akan menghiasi keluarga beliau setelah meninggalnya kedua putra beliau (Qasim dan Abdullah) yang belum baligh hingga Nabi Muhammad merasa sangat kesepian. Penantian panjang beliau akhirnya terjawab. Maria hamil, dan melahirkan Ibrahim

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

Kronologi Roro Fitria Tak Bisa Antar Jenazah Ibunda

Jangan Lewatkan