Ini Taman Main Pertama yang Bersertifikat untuk Anak Autisme

Diterapkan sejumlah standarisasi agar anak-anak dengan autisme bisa bermain dengan aman dan nyaman

Mutia Nugraheni
| 5 April 2018 19:32

Dream - Fitrah anak-anak adalah bermain. Dengan bermain, mereka mengeksplorasi lingkungan dan belajar banyak hal. Termasuk ketikan bermain di taman hiburan. Namun bagi anak-anak dengan autisme, bermain di taman hiburan terbuka dengan banyak permainan dan orang, bukanlah hal mudah.

Mereka bisa mengalami kelelahan ekstrem, tantrum dan hal negatif lain yang bisa berdampak buruk pada kondisi fisik dan psikologisnya. Merespons hal ini, Sesame Place, sebuah taman bermain di Pennsylvania, Amerika Serikat, baru saja membuat konsep taman main yang ramah bagi anak dengan autisme.

 Sesame Place

Taman main tersebut yaitu bahkan jadi taman main pertama di dunia yang mendapat " Certified Autism Center" . Sertifikat ini diberikan oleh International Board of Credentialing and Continuing Education, sebuah badan pendidikan dan pelatihan yang memberikan edukasi seputar penanganan autisme serta masalah kognitif di AS.

Untuk mendapatkan Certified Autism Center, Sesame Place menerapkan sejumlah standarisasi agar anak-anak dengan autisme bisa bermain dengan aman dan nyaman. Antara lain memiliki 'ruang tenang' untuk anak beristirahat dari rangsangan indera yang berlebihan. Pencahayaan pun disesuaikan, termasuk tempat duduk yang dirancang khusus.

 Sesame Place

Ada juga headphone untuk mengurangi paparan suara yang berisik yang bisa sangat menganggu anak-anak dengan autisme. Terdapat juga wahana permainan dengan rangsangan sensorik yang rendah. Tiap wahana disertai keterangan detail soal efeknya terhadap sensorik.

Makanan yang disediakan pun yang memang direkomendasikan untuk anak dengan autisme, salah satunya bebas gluten. Sebanyak 80 persen pekerja dan tim dari Sesame Place ini bahkan sudah mendapat pelatihan khusus untuk menangani masalah yang sering timbul pada anak dengan autisme.

Keren!

Sumber: Fatherly

Topik Terkait :

POSH (INSIGHTFUL & MOTIVATION SESSION)

Jangan Lewatkan