Ini Alasan Anak Cenderung Tak Nyaman Belajar dengan Orangtua

Mungkin yang jadi pertanyaan banyak orangtua.

Mutia Nugraheni
| 30 Maret 2021 10:04

Ada 4 Tahapan Penting Saat Anak Belajar Membaca

Dream - Kemampuan membaca akan sangat berdampak signifikan pada pengetahuan anak. Hal ini juga yang membuat banyak orangtua ingin anak-anaknya cepat bisa membaca. Saat anak belajar membaca, seperti membuka dunia yang baru bagi mereka.

Penting bagi anak untuk mempelajari keterampilan membaca sejak usia dini. Seperti yang kita tahu, mengajari anak membaca tidaklah mudah dan membutuhkan waktu serta kesabaran.

"Seorang anak perlu mengembangkan beberapa keterampilan lain dan memiliki daya ingat yang baik untuk membaca tulisan sederhana," kata Ratika Pai, seorang pakar pendidikan anak, dikutip dari MomJunction.

Setiap anak mengembangkan keterampilan membaca dengan kecepatan mereka sendiri. Sesuai model yang dikembangka ahli teori pendidikan Jeanne Chall, kebanyakan anak melalui tahapan perkembangan membaca berikut.

Tahap 0 - Pra-membaca
Dari usia enam bulan hingga enam tahun, anak-anak sebagian besar terlibat dalam “membaca semu,” artinya anak hanya berpura-pura membaca dengan memegang buku di tangan mereka.

"Mereka biasanya meniru orangtua atau guru mereka yang sebelumnya membacakan untuk mereka dari sebuah buku. Pada usia enam tahun, mereka umumnya memahami ribuan kata yang mereka dengar tetapi hanya dapat membaca beberapa di antaranya," ujar Pai.

 

Selanjutnya :

Tahap 1 - Penguraian kode awal

BERANI BERUBAH: Takjil Drive Thru Masjid Al Azhar

Jangan Lewatkan