Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ibu Melahirkan Saat Pandemi, Bayi Meninggal dan Tak Boleh Ditemani

Ibu Melahirkan Saat Pandemi, Bayi Meninggal dan Tak Boleh Ditemani Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Penerapan social distancing dan membatasi jumlah orang dalam ruangan diterapkan di seluruh dunia karena pandemi Covid-19. Hal ini untuk menekan penularan virus corona yang begitu agresif.

Salah satu prosedur yang kini dilakukan di banyak rumah sakit bersalin adalah, suami tak boleh menemani di ruang bersalin. Ibu yang akan melahirkan hanya akan didampingi dokter, perawat dan bidan.

Kondisi ini dialami Aroha Nicola, seorang ibu yang tinggal di New Zealand. Ia tengah hamil tua dan mengalami komplikasi sehingga persalinan terpaksa dipercepat. Aroha mengalami pendarahan dan harus di rawat.

 

Jalani Pemulihan Sendirian

Kondisi pandemi tak memperbolehkan suaminya untuk mendampingi. Proses persalinan pun dijalani seorang diri. Tak lama setelah bayinya lahir, kebahagiaan Aroha sirna. Sang bayi meninggal dalam pelukannya tak lama setelah dilahirkan.

"Tak ada suami atau ibuku di sampingku, ketika aku berduka itu sangat berat. Aku sangat-sangat cemas dan itu saat yang begitu sulit," kata Aroha, seperti dikutip dari KidSpot.

Setelah bayinya meninggal, Aroha harus tetap di rumah sakit untuk pemulihan. Total dia dirawat selama 5 hari dan tak boleh ditemani. Tak terbayang pilunya menjalani kedukaan karena anaknya meninggal sendirian.

"Aku berduka sendirian. Tak boleh ada keluarga yang menemani, benar-benar berat," ungkap Aroha.

Jangan Sembarangan Menyentuh Perut Ibu Hamil, Ini Alasannya

Dream - Perut buncit ibu hamil yang kadang bergerak karena janin sedang aktif, memang bikin gemas. Meski demikian, jangan pernah langsung menyentuhnya, karena ibu pasti akan sangat tidak nyaman.

Di Indonesia, menyentuh perut ibu hamil dianggap hal biasa, merupakan bentuk perhatian. Sayangnya, hal ini dirasakan sebaliknya bagi ibu hamil.

Ibu hamil sebenarnya sangat risih jika perut buncitnya dipegang orang lain, terutama yang tak terlalu dikenalnya. Sentuhan ayah saja kadang membuat ibu tak nyaman saat hamil.

Untuk itu, tahan keinginan saat ingin menyentuh perut ibu hamil. Bila memang cukup dengan ibu hamil, minta izinlah lebih dulu. 

Jika si ibu tak memberi izin, ikuti keinginannya. Mengapa demikian? Ini alasannya.

Melanggar Privasi

Memegang perut ternyata menjadi hal yang sangat privasi bagi seorang ibu hamil. Perilaku memegang perut ibu hamil tanpa izin merupakan salah satu hal yang tidak sopan. Sebagian ibu hamil biasanya tidak akan membiarkan siapa pun yang tidak akrab menyentuh perutnya. Jadi menyentuh perut mereka bisa membuat mereka sangat tidak nyaman.

Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Ibu

Jika seseorang menyentuh perut wanita hamil, dengan tangan kita tidak tahu apakah kondisi tangan bersih. Bayangkan berapa banyak kuman/ virus yang mungkin tertular dan akan mengontaminasi perutnya.

Dalam kasus seperti flu, misalnya ibu hamil lebih mungkin mengalami gejala dan komplikasi parah daripada wanita yang tidak hamil. Jadi, jika ibu hamil menolak untuk disentuh perutnya, dia melindungi kesehatannya dan kesehatan bayinya.

Ibu hamil juga mungkin mengalami mual selama kehamilan, dan menyentuh perut mereka bisa membuat rasa mual makin menjadi.

Berdampak Negatif Bagi Kesehatan Mental Ibu

Perubahan hormon selama kehamilan dapat meningkatkan kecemasan pada ibu hamil. Jika wanita hamil tengah mengalami stres dan timbul kekhawatiran, biasanya mereka tak ingin seseorang mendekatinya bahkan menyentuhnya. Jika situasi yang membuat wanita hamil tidak nyaman seperti itu dibiarkan, dapat membuat gejalanya semakin buruk.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Ibu Pergi Liburan Tega Tinggalkan Bayinya 10 Hari Sendirian di Rumah, Saat Kembali Kondisi Anaknya Mengenaskan

Balita tersebut meninggal karena kelaparan dan dehidrasi parah.

Baca Selengkapnya
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya

Dua Bersaudara Masih Main Jelang Maghrib, Adik Tiba-tiba Kaku Lihat Pohon Pisang Depan Rumah, Ternyata Ada Kisah Seram di Baliknya

Ayahnya kemudian bercerita tentang pohon pisang di depan rumah yang membuat Fawwaz ketakutan setengah mati.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya