Protein Hewani, Kunci Mencegah Stunting Pada Anak

Ayo para ibu, cari ilmu dan informasi penting seputar gizi anak.

Annisa Mutiara Asharini
| 30 April 2019 16:05

Dream - Ibu memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan gizi anak. Jangan sampai, karena kurangnya pengetahuan soal gizi membuat anak mengalami masalah kesehatan, pertumbuhan hingga gagal tumbuh atau stunting.

Nutrisi di usia balita sangat dibutuhkan guna mengurangi ancaman terhadap penyakit berbahaya, termasuk stunting.

Dua tahun pertama merupakan masa krusial bagi tumbuh kembang anak. Selepas dari air susu ibu (ASI), pemberian makanan pendamping (MPASI) dan sangat dianjurkan demi mencegah penyakit gizi.

Dalam memenuhi asupan nutrisi anak, ibu harus menerapkan prinsip gizi seimbang.

" Dalam sekali makan, di dalam satu menu harus terdiri dari beraneka ragam makanan. Karena tidak ada satu bahan makanan yang mencukupi semua kebutuhan gizi. Menu harus bervariasi setiap harinya," ujar Asih Setiarini, Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di Jakarta, Selasa 29 April 2019.

Perlu diperhatikan bahwa salah satu komponen yang harus dipenuhi anak adalah protein hewani. Komponen ini berperan penting dalam mencegah stunting.

 Riset : Protein Bantu Turunkan Tekanan Darah

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, angka stunting turun menjadi 30,8 persen dari 37,2 persen sejak 2013. Akan tetapi angka ini masih jauh dari standar World Health Organization (WHO), yaitu 20 persen.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya literasi gizi bagi ibu di Indonesia. Mereka belum memahami pentingnya protein hewani. Berangkat dari masalah tersebut, PT Frisian Flag lndonesia (FFI) meluncurkan Gerakan Ibu #Sekarang Semua Bisa sekaligus produk Susu Bendera sebagai asupan protein hewani yang terjangkau.

 Susu Bendera

" Kami mengajak ibu untuk mengikuti berbagai edukasi dan aktivitas untuk memaksimalkan potensi mereka dalam memenuhi kecukupan gizi anak dan mengembangkan keterampilan agar lebih mandiri," kata Rivanda Idiyanto, Specialized Nutrition Director PT. Frisian Flag.

 Susu Bendera

Gerakan ini akan menjangkau 350 posyandu di Indonesia untuk mengadakan edukasi gizi dan kegiatan menarik seperti budi daya tanaman hidroponik dan demo masak.

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri

Jangan Lewatkan