Ibu Bisa Alami Gangguan Obsesif Pasca Melahirkan

Seringkali, obsesi ini datang dengan repetisi.

Mutia Nugraheni
| 1 April 2021 12:02

Dream - Beberapa ibu sangat terobsesi pada bayi mereka. Ingin memastikan keadaan sesempurna dan seaman mungkin untuk si kecil. Pada mereka yang sebelum melahirkan sudah memiliki kecenderungan obsessive compulsive disorder/ gangguan obsesif kompulsif (OCD), kondisinya pasca bayi hadir bisa makin parah.

Beberapa ibu dengan OCD kerap muncul pikiran tentang tidak sengaja menjatuhkan bayi mereka dari tangga, atau secara tidak sengaja menenggelamkan bayi di bak mandi. Termasuk pikiran buruk lainnya, yang mungkin terjadi pada bayi.

Seringkali, obsesi ini datang dengan repetisi. Misalnya, jika terobsesi dengan kebersihan, ibu tak henti-hentinya mencuci tangan. Seorang ibu yang mengalami OCD setelah melahirkan mungkin memandikan bayinya beberapa kali sehari atau mensterilkan botol tanpa henti, karena takut bayinya sakit. Hal ini sebenarnya tanda kalau ibu butuh bantuan psikiatan

" Periode pascapersalinan sangat rentan untuk kambuh atau timbulnya OCD," kata Deirdre Ryan, seorang psikiater, dikutip dari Todays Parent.

 

Selanjutnya :

Segera Konsultasi

6 Potret Rumah Mewah Shahrukh Khan di Dubai, Hadap Pantai

Jangan Lewatkan