Hukum Memeluk dan Mencium Anak dalam Islam

"Siapa yang tidak menyayangi ia tidak disayangi".

Mutia
| 21 April 2017 18:03

Dream - Melihat anak kecil yang lucu dan menggemaskan membuat kita ingin memeluk dan menciumnya. Apalagi jika berhadapan dengan anak sendiri yang kadang bersikap lucu. Rasanya ingin menghujani ribuan ciuman dan pelukan untuknya setiap hari.

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam juga mencontohkan untuk mencium dan memeluk anak penuh kasih sayang. Hal ini diriwayatkan dari Abu Huairah Radhiyallahu Anhu, ia berkata, " Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam mencium Hasan bin Ali Radhiyallahu Anhu, dan di dekat belaiu ada Al-Aqra nin Habis At-Tamimi. Al-Aqra berkata 'Sesungguhnya aku punya sepuluh orang anak. Namun Aku tidak pernah mencium satu pun di antara mereka'.

Rasulullah lalu memandangi Al-Aqra dan bersabda " Siapa yang tidak menyayangi ia tidak disayangi" (diriwayatkan oleh Al-Bukhari 5997 dan oleh Muslim 23). Juga diriwayatkan dari Anas Radhiyallahu Anhu, ia berkata " Rasulullah Alaihi wa Sallam memeluk putranya Ibrahim lalu menciumnya" (diriwayatkan oleh Al-Bukhari 1303 dan oleh Muslim 2315).

Dari keterangan hadist-hadist tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang mencium anak atau saudaranya yang masih kecil sebagai tanda sayang, hukumnya adalah sunnah. Baik anak laki-laki maupun anak perempuan.

Hadist-hadist shahih lainnya yang senanda juga cukup banyak mahsyur. Berbeda dengan mencium yang didorong oleh nafsu syahwat, berdasarkan kesepakatan para ulama, hukumnya
haram, baik yang melakukan ayahnya sendiri atau orang lain.

Al-Hafizh Ibu Fajar dalam kitabnya Al-Fathu mengatakan " Jawaban Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam terhadap Al-Aqra dalam hadist tadi merupakan isyarat hukum bahwa seorang ayah atau lainnya baik yang termasuk mahram atau bukan yang mencium seorang anak kecil, harus karena kasih sayang, bukan karena nafsu, demikian pula dengan merangkul atau memeluk" .


Sumber: Syaikh Hafizh Ali Syuaisyi dalam buku " Kado Pernikahan"

 

 

 

 

Topik Terkait :

Sisi Religi - Ayu Ting Ting

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

Trik Mudah Hilangkan Bau Apek di Mesin Cuci
DECOR 20 April 2017 19:53

Idealnya, mesin cuci dibersihkan oleh petugas profesional.