Hukum Akikah Satu Kambing untuk Anak Lelaki

Bgaimana jika kondisi keuangan orangtua hanya mampu membeli satu kambing, padahal mereka dikaruniai anak lelaki?

Mutia Nugraheni
| 26 Desember 2018 14:12

Dream - Memiliki keturunan merupakan rezeki dan anugerah dari Allah SWT yang sepatutnya disyukuri. Islam mengajarkan untuk menyembelih kambing setelah buah hati lahir ke dunia sebagai ungkapan rasa syukur.

Untuk anak perempuan, dianjurkan menyembelih satu kambing. Sementara untuk anak laki-laki, dua kambing. Lalu bagaimana jika kondisi keuangan orangtua hanya mampu membeli satu kambing, padahal mereka dikaruniai anak lelaki?

Dikutip dari BincangSyariah.com, disebutkan bahwa akikah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki dinilai cukup dan sah. Bahkan di kalangan ulama Malikiyah, jumlah kambing yang disunahkan untuk disembelih ketika melakukan akikah tidak ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan, yaitu seekor kambing.

Nabi Muhammad SAW sendiri ketika melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata:

 Hadist Akikah Abu daud


Artinya: “ Sesungguhnya Nabi SAW pernah melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Dalam kitab Muhadzab fi Fiqhil Imam Assyafi’i, Imam Abu Ishaq Syairazi menegaskan kebolehan akikah dengan satu ekor kambing ini untuk anak laki-laki. Beliau berkata;

“ Jika masing-masing anak baik laki-laki maupun perempuan diakikahi dengan satu ekor kambing, maka itu boleh karena ada riwayat dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa Nabi SAW mengakikahi Hasan dan Husain masing-masing satu kambing gibas (domba).”

Meski boleh dan dinilai cukup dan sah melakukan akikah dengan satu ekor kambing untuk anak laki-laki, namun jika mampu dan tidak ada kendala lainnya, sebaiknya akikah untuk anak laki-laki disempurnakan dengan menyembelih dua ekor kambing.

Hal ini karena satu ekor kambing hanya menjadi batas jumlah minimal yang mencukupi dalam akikah untuk anak laki-laki dan perempuan. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

OTT Direktur Krakatau Steel, KPK Sita Sejumlah Uang

Jangan Lewatkan