Heboh Buku Anak Ajarkan Pendidikan Seks Kelewat Vulgar

Hal ini membuat khawatir para orangtua, mengingat buku tersebut juga mengajarkan anak untuk berani tidur sendiri.

Mutia Nugraheni
| 20 Februari 2017 20:00

Dream - Sebuah buku anak dengan judul " Aku Belajar Mengendalikan Diri" sedang jadi sorotan di beberapa media sosial, salah satunya Twitter. Buku dengan ilustrasi gambar yang lucu dan penuh warna ini berisi detail masturbasi.

Hal ini membuat khawatir para orangtua. Rangkaian buku tersebut sebenarnya mengajarkan anak untuk berani tidur sendiri di kamarnya. Tetapi ada penjelasan terkait masturbasi dalam buku secara detail.

 Detail buku anak (Twitter)


Beberapa netizen ada yang mengkritik keras penerbit yang mengkategorikan buku anak, meloloskan buku tersebut dan menjualnya secara bebas di toko buku besar, juga toko buku online. Namun ada juga yang memberi penjelasan kalau buku tersebut sebenarnya mengajarkan pendidikan seksual, yaitu memberi tahu efek negatif dari masturbasi.

 Detail buku anak (Twitter)

Ada juga yang mengkritisi kategori buku tersebut dan detail narasinya. Yaitu akun @miund di Twitter yang berkomentar " narasinya bisa lebih baik, tidak memancing rasa ingin tahu yang tidak benar" .

Terkait hal tersebut, penerbit Tiga Serangkai membuat tanggapan di laman Facebooknya. Menurut pihak penerbit, buku telah ditarik sejak Desember 2016 tapi masih ada yang menjualnya secara online. Berikut petikan penjelasannya.

" Sebagai bentuk tanggung jawab kami, buku tersebut sudah kami tarik dari peredarannya dari toko buku umum sejak Desember 2016, tak lama setelah buku itu terbit. Namun sayang, ternyata masih ada yang menjualnya di toko online. 

Sebagai bentuk tanggung jawab kami lainnya, jika tidak keberatan, kami mempersilakan Bapak untuk mengirimkan buku yang telah Bapak beli tersebut kepada kami ke alamat Redaksi Tiga Ananda; Jln. Dr. Supomo No. 23 Surakarta 57141, Telp. (0271) 714344. Kami akan mengganti buku tersebut dengan produk kami yang lain. Atau, jika berkenan, kami akan mengembalikan uang (alternatif) karena buku tersebut sudah ditarik dan tidak dijual bebas."

Untuk penjelasannya lebih lengkapnya bisa dilihat di sini

 

Topik Terkait :

Momen Shafira Fitri Baraja Juara DIW 2022 Jalani Umroh

Jangan Lewatkan