Gus Baha: Anak Jangan Sampai Kecewa dengan Bapaknya

Jangan terlalu kaku, kawal anak dengan ajaran Islam

Mutia Nugraheni
| 12 Januari 2022 12:07

Dream - Sosok orangtua bagi anak memiliki dampak yang sangat besar. Bukan hanya dalam hal pemenuhan materi, tapi juga kebutuhan psikologis dan juga yang terpenting adalah sebagai contoh nyata dalam menjadi seorang muslim/ muslimah.

KH. Bahauddin Nursalim atau dikenal dengan Gus Baha, mengingatkan para orangtua untuk selalu mendidik anak sesuai dengan tuntunan Alquran dan para Nabi. Dikutip dari SanadMedia.com, orangtua agar memandang anak bukan hanya sebatas status ikatan keturunan saja.

 Gus Baha

(Gus Baha)

Anak merupakan pewaris dan penerus kalimat tauhid di dunia ini. Maka dari itu ketika seorang anak sudah bisa membaca “ Allahu akbar”, mau menirukan sujud beserta bacaannya saat shalat, ini sudah luar biasa dan harus dipertahankan.

Hal yang juga dilakukan Gus Baha saat mendidik anak adalah selalu mengasihi dan tidak mengekang anak. Beliau menekankan agar anak jangan sampai dibentak dan dimarahi.

Sikap selalu melarang dari orangtua bisa membuat anak mencari sumber kenyamanan dan kebahagiaan di luar keluarganya. Menurut Gus Baha, didikan para Nabi terdahulu, yaitu memberikan kelonggaran kepada anak-anaknya tapi mengawalnya dengan Tauhid dan nilai Islam.

“ Minimal seorang anak jangan sampai kecewa dengan bapakanya," ujar Gus Baha.

 

Selanjutnya :

Teladani Nabi Muhammad SAW

Fakta-Fakta Dibalik Nama Ibu Kota Negara Menjadi 'Nusantara'

Jangan Lewatkan