Gadget Sangat Merusak Kualitas Tidur Anak Remaja

Penting bagi orangtua untuk membatasi penggunaan gadget.

Cynthia Amanda Male
| 8 Juni 2019 10:25

Dream - Saat ini, gadget dan anak remaja jadi hal yang sangat sulit dipisahkan. Pergaulan, kebutuhan akses komunikasi dan kebiasaan, membuat anak remaja seakan 'menempel' dengan gadget.

Penting bagi orangtua untuk membatasi penggunaan gadget. Terutama di waktu tidur. Jangan sampai gadget membuat remaja jadi kurang tidur. Hal ini karena cahaya biru yang dipancarkan membuat terjaga.

Cahaya tersebut menyebabkan orang tetap terjaga dan membuat remaja sulit tidur. Idealnya, seseorang perlu menghindari gadget setidaknya dua jam sebelum tidur.
Jika tidak, maka perlu memakai kacamata yang mampu melindungi dari cahaya biru.

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 55 anak di Belanda yang berusia antara 12-17. Anak-anak ini memiliki pola tidur yang berbeda. Beberapa dari mereka diminta untuk bermain gadget seperti biasa.

Sementara yang lainnya diminta untuk mengenakan kacamata dan sisanya diminta untuk menghindari gadget 2 jam sebelum tidur. Penelitian dilakukan selama 5 minggu di mana kualitas tidur mereka dinilai menggunakan mesin yang memperlihatkan seberapa nyenyak dan sampel tingkat melatonin (hormon tidur) dalam tubuh mereka.

 

Selanjutnya :

Kacamata Antiradiasi Bisa Jadi Solusi

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan