Fitur Ini Cegah Remaja Alami Perundungan di Instagram

Secara otomatis bisa menghilangkan komentar bersifat melecehkan atau membuat pengguna tidak nyaman.

Mutia
| 10 Mei 2018 12:04

Dream - Penggunaan Instagram sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja di Indonesia. Sayangnya, bukan hanya digunakan untuk hal positif tapi juga negatif. Salah satunya adalah melakukan bullying atau perundungan.

Kasus perundungan di media sosial terutama Instagram kini semakin sering terjadi, terutama di usia remaja di mana emosi mereka masih sangat labil. Sebenarnya Instagram memiliki kebijakan usia minimal penggunanya, yaitu 13 tahun.

Pengawasan orangtua dibutuhkan untuk mencegah terjadinya bullying. Kabar gembiranya, Instagram baru saja meluncurkan fitur penyaring komentar perundungan (anti-bullying filter) yang secara otomatis menghilangkan komentar bersifat melecehkan atau membuat pengguna tidak nyaman.

Fitur baru ini akan menyaring komentar yang berisi serangan atas penampilan atau karakter seseorang. Helena Lersch, Head of Public Policy, Instagram Asia-Pacific mengungkap fitur tersebut dibuat demi interaksi yang lebih positif.

" Jutaan remaja di seluruh dunia menggunakan Instagram untuk berbagi semangat dan kreativitas. Kami mau memastikan mereka bisa terus melakukannya dengan cara yang aman dan positif dengan fitur-fitur keamanan di Instagram," ungkapnya di Jakarta, 9 Mei 2018.

 Helena

(Helena Lersch)

Instagram juga memperkenalkan filter komentar mengganggu (Offensive Comments filter), yang secara otomatis menyembunyikan komentar yang menimbulkan provokasi atau memecah belah.

Terdapat juga fitur filter komentar berdasarkan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna (Keyword Comments Filter) dan kemampuan untuk mengatur akun menjadi privat, sehingga hanya orang yang telah disetujui yang dapat melihat konten pengguna.

" Setiap orangtua pasti memiliki kecemasan bagaimana teknologi dan media sosial telah mempengaruhi kita dan anak-anak kita. Apabila digunakan dengan tepat, media sosial dapat membantu anak kita untuk mencari inspirasi,” kata Riafinola, penyanyi dan ibu dari 3 anak.

Bagi para orang tua yang ingin mempelajari fitur-fitur keamanan di Instagram dengan lebih lengkap, kunjungi https://help.instagram.com/ dan www.instagram-together.com.

Topik Terkait :

Dirgahayu Republik Indonesia

Jangan Lewatkan