Fakta yang Tak Banyak Diketahui Soal Anak Tunggal

Ada perbedaan struktur otak pada anak tunggal dan mereka yang memiliki saudara.

Mutia Nugraheni
| 3 Juni 2018 07:38

Dream – Stereotipe selalu muncul pada seorang anak tunggal. Tak punya kakak atau pun adik dan hanya jadi anak satu-satunya di rumah, si anak tunggal sering dianggap egois, dominan, sulit diatur, kesepian dan tak mau berbagi.

Benarkah demikian? Sebuah penelitian pun dilakukan tim dari Southwest University di China untuk mengetahuinya. Caranya dengan melakukan pemindaian pada otak para remaja yang berkuliah.

Pemindaian tersebut untuk mengetahui level IQ, kreativitas dan kepribadian mereka. Diketahui ada perbedaan struktur otak pada anak tunggal dan mereka yang memiliki saudara.

Kondisi otak anak tunggal memiliki lebih banyak volume di area yang terkait dengan persepsi dan pengolahan bahasa. Namun volumenya lebih sedikit di area yang terkait dengan kepribadian dan perilaku sosial.

Dalam perbandingan IQ tidak ada perbedaan yang signifikan. Hasil tes lainnya yang cukup menarik perhatian adalah otak anak tunggal menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dalam hal pemikiran kreatif dan fleksibilitas. Dalam hal kerja sama dan kolaborasi cenderung lebih rendah.

Pada dasarnya, bagaimana seorang anak dibesarkan, baik dengan atau tanpa saudara kandung, akan sangat mempengaruhi perkembangan otak mereka. Hasilnya tidak selalu lebih baik satu sama lain, tetapi memang memiliki perbedaan.

Sumber: Motherly

Laporan Dina Nazhifah

Topik Terkait :

Streaming NUFF 2020 | Get Ready to Stream Virtual Fashion Show on 16-17th August! #BanggaBuatanIndonesia

Jangan Lewatkan