Etika Jenguk Bayi Saat Pandemi, Awas Jadi Pembawa Virus

Di Indonesia, sudah jadi tradisi kalau ada kerabat atau teman yang baru melahirkan kita menjenguk dan memberikan hadiah.

Mutia Nugraheni
| 14 Juli 2021 10:02

Dream - Ramai di media sosial soal meninggalnya bayi yang masih berusia 29 hari. Bayi tersebut diketahui tertular virus Covid-19 setelah dikunjungi sanak keluarganya. Hal ini tentu saja memilukan.

Di Indonesia, sudah jadi tradisi kalau ada kerabat atau teman yang baru melahirkan kita menjenguk dan memberikan hadiah. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, hal tersebut malah bisa sangat berbahaya bagi si bayi.

Bila memang ingin menjenguk ibu dan bayi di era pandemi seperti sekarang, pastikan jangan langsung datang. Ketahui etika berikut, jangan sampai jadi pembawa virus.

1. Minta izin
Sebelum datang menjenguk, kabari kerabat atau orang yang ingin dijenguk. Bisa jadi mereka sedang repot dan menganggap kunjungan terlalu berisiko bagi bayi. Jika memang mereka menolak kunjungan, tak perlu kecil hati. Kita harusnya mengerti sebagai orangtua baru tentu sangat khawatir dalam situasi sekarang. Bila pun dibolehkan menjenguk, lakukan swab antigen lebih dulu demi keamanan semua orang.

2. Jangan datang ketika sedang sakit
Jangan pernah mengunjungi bayi baru lahir ketika merasa kondisi tubuh sedang tidak fit. Karena kita tidak akan pernah tahu dampak buruk apa yang terjadi. Demi mencegah lebih banyak risiko, hindari hal ini.

 

Selanjutnya :

Risiko dan Waktu

Kamu Bisa lakuin 4 Hijab Hacks Ini

Jangan Lewatkan