Kecerdasan Emosi Berpengaruh Besar Pada Prestasi Akademik Anak

Pastikan kecerdasan akademik anak juga dibarengi dengan kemampuan mengenali emosi dan mengontrolnya.

Mutia Nugraheni
| 14 Februari 2020 12:02

Aktivitas fisik

Untuk kembangkan kerja otak kanan, anak membutuhkan aktivitas yang bergerak dan kreatif. Saat inilah sangat dianjurkan anak untuk mempelajari olahraga, musik, ataupun seni. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah untuk menyekolahkan anak di sekolah yang dekat dari rumah.

"Ada beberapa persiapan harus kita lihat kalau untuk si anak kita yang lebih kecil ini. Misalnya, seberapa jauh dari rumah, kalau terlalu jauh kan kasian ya nanti," ujar Rosdiana.

Keamanan sekolah juga menjadi poin penting yang wajib diperhatikan. Seperti yang kita pahami, anak belum mampu menjaga dirinya dengan baik.

Oleh karena itu, pastikan guru di sekolah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap anak. Perhatikan juga pendekatan guru terhadap anak. Apakah mengasyikkan atau membosankan?

Menurut Rosdiana, anak umur dua tahun hanya memiliki waktu fokus selama dua menit. Maka dari itu, pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak sangat dibutuhkan.

"Dua tahun kan berarti paling dia fokus dua menit ya, jadi jangan suruh duduk, diem, gitu. Banyak eksplorasi itu akan menjadi satu simulasi yang baik juga," ungkap Rosdiana.

Sementara, menurut pakar neurologi Anak, Attila Dewanti, menyekolahkan anak saat dini tidak bisa dipaksakan. Orangtua harus terlebih dahulu paham tahapan anak dan perkembangannya.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan