Kecerdasan Emosi Berpengaruh Besar Pada Prestasi Akademik Anak

Pastikan kecerdasan akademik anak juga dibarengi dengan kemampuan mengenali emosi dan mengontrolnya.

Mutia Nugraheni
| 14 Februari 2020 12:02

Dream - Kemampuan mengenali emosi dan mengontrolnya merupakan sebuah hal yang penting untuk diajarkan pada anak. Seringkali kita terlalu berfokus pada kemampuan akademik si keci, hingga lupa kalau ada keterampilan lain yang butuh dipelajari anak, yaitu emosi.

Sebuah penelitian baru dari American Psychological Association (APA), yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Bulletin, mengaitkan kecerdasan emosional dengan prestasi akademik. Khususnya peningkatan nilai dan skor tes standar.

Hal ini mengingat bahwa bidang kecerdasan emosional baru dipelajari secara formal sejak 1990-an, penelitian ini disebut-sebut sebagai meta-analisis komprehensif pertama yang menghubungkannya dengan keberhasilan di sekolah.

Carolyn MacCann, Ph.D., dari University of Sydney dan penulis utama studi ini, dan rekan-rekannya menganalisis data dari lebih dari 160 studi, mewakili lebih dari 42.000 siswa dari 27 negara (lebih dari 76% berbahasa Inggris), diterbitkan antara tahun 1998 dan 2019. Siswa berasal dari usia sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Peneliti menemukan bahwa siswa yang memiliki kecerdasan emosional yang lebih tinggi cenderung mendapatkan nilai yang lebih tinggi dan skor tes prestasi yang lebih baik. Hal ini daripada mereka yang memiliki kecerdasan emosi yang lebih rendah. Bahkan ketika dimasukkan faktor kecerdasan dan kepribadian, hubungan itu tetap ada.

 

Selanjutnya :

Mengapa Demikian?

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair

Jangan Lewatkan