Dua Terapi Penting Saat Anak Mulai Sulit Lepas dari Gadget

Gangguan pada mental, depresi maupun keinginan bunuh diri bisa muncul karena penggunaan gadget dan sosial media yang tak terkontrol.

Cynthia Amanda Male
| 6 November 2019 18:04

Dream - Kasus anak dan remaja yang kecanduan gadget, sampai harus dirawat di rumah sakit jiwa harus jadi perhatian setiap orangtua. Saat ini memang sangat sulit untuk mengontrol anak menggunakan gadget, tapi hal tersebut tetap harus dilakukan.

Apalagi pada anak remaja yang sudah mengenal media sosial. Tak sedikit yang mengalami depresi karena konten maupun budaya di media sosial. Gangguan pada mental, depresi maupun keinginan bunuh diri bisa muncul karena penggunaan gadget dan sosial media yang tak terkontrol.

“ Kecanduan gadget bisa menyebabkan obesitas, kehilangan harapan hidup serta impulsif. Dan hal tersebut efeknya seperti virus yang bisa menyebar,” ujar konsultan Anak dan keluarga serta Ketua Rumah Amalia, Muhammad Agus Syafii di Plaza Blok M, Jakarta Selatan, Rabu 6 November 2019.

Untuk menghadapi masalah tersebut, Agus biasanya melakukan terapi. Awalnya, orangtua harus berkonsultasi, lalu psikolog akan melakukan analisis pada anak dan orangtua. Ada dua terapi yang bisa dilakukan.

Apa saja?

 

Selanjutnya :

Cognitive Behaviour Therapy

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan