'Dosis Ekstra Cinta' Bisa Bikin Sikap Anak Lebih Baik

"Masalah perilaku pada anak usia 2 hingga 10 tahun justru bisa meningkatkan kualitas hubungan anak dan orangtua."

Mutia Nugraheni
| 6 April 2018 16:04

Dream - Menghadapi perilaku anak yang terkadang manis namun sering juga tak terkendali memang kadang menguras emosi. Ada kalanya sebagai orangtua kita bingung menghadapi anak yang mengamuk, memukul, menangis dan melakukan perilaku agresif lainnya.

Muncul juga perasaan bersalah, sedih dan kecewa. Namun jangan selalu memandang negatif perilaku anak yang buruk. Menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal Child Development yang melibatkan 15.000 keluarga di 20 negara teruangkap fakta yang cukup penting.

" Masalah perilaku pada anak usia 2 hingga 10 tahun justru bisa meningkatkan kualitas hubungan anak dan orangtua. Kedua bisa belajar banyak soal kecenderungan sikap satu sama lain dan mengelola perilaku jadi lebih baik," ujar G.J. Melendez-Torres, kepala peneliti dari Universitas Cardiff, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Hal tersebut bisa terwujud dengan satu syarat, yaitu empati dan 'dosis ekstra cinta'. Orangtua memang yang berperan besar dalam hal ini. Cobalah berusaha menganalisis sikap buruk anak, menunjukkan perasaan sayang terus menerus.

" Menghadapi sikap anak yang buruk, pastikan melibatkan perbaikan hubungan. Baik dari sisi komunikasi, pengertian dan manajemen perilaku demi mengurangi masalah, bukan malah menambah konflik," ujar Torres.

Selalu tambahkan 'dosis' pelukan hangat, belaian atau kecupan, setelah berkonflik dengan anak. Meski orangtua mengoreksi perilaku, dan terlibat konflik, tapi anak tahu kalau apa yang dilakukan orangtuanya semata-mata demi perbaikan sikap dan kualitas hubungan. Tak mengurangi rasa sayang sedikit pun.

" Kadang komunikasi yang tak berjalan baik, orangtua hanya memandang dari sisi negatif. Kadang ketika emosi anak meluap sebenarnya butuh pengertian dan perhatian lebih. Sikapnya yang buruk sebenarnya mencari perhatian. Cobalah lebih peka," ungkap Torres.

Sumber: Huffingtonpost

Topik Terkait :

Puasa Pertama Atta Bareng Aurel: Baju Baru Plus Disuapi

Jangan Lewatkan