Contekan Jawaban Saat Anak Tanya 'Kok Bisa Adik Bayi di Perut?'

Jangan diam saja apalagi menyuruhnya berhenti bertanya. Yuk, cari tahu.

Mutia Nugraheni
| 26 April 2019 16:10

Dream - Buah hati dari hari-ke hari akan semakin pintar. Sel otaknya berkembang pesat. Pertanyaan yang bikin kaget pun bakal terus meluncur dari mulutnya. Termasuk pertanyaan seputar seks.

Untuk itu ayah bunda harus siap mental dan punya jawaban tepat. Bukan menutupi apalagi membohongi. Salah satu pertanyaan yang mungkin muncul adalah, 'Ma/pa, kok bisa ada adik bayi di perut?'.

Tergantung pada usia anak, Sahabat Dream dapat mengatakan bahwa bayi tumbuh dari telur di dalam rahim ibu, sambil menunjuk ke perut. Jelaskan juga, kemudian si bayi keluar dari tempat khusus, yang disebut vagina.

Penting untuk tidak menggunakan istilah 'lucu' menamai organ intim. Hal ini agar anak benar-benar tahu mana bagian intimnya yang tak boleh dijadikan bercandaan. Bagaimana jika anak masih penasaran?

Untuk anak yang lebih besar, di usia 6-7 tahun, tak masalah untuk menjelaskan lebih detail. Pemikiran mereka juga sudah berkembang dan bisa menerima penjelasan yang kompleks.

" Bisa juga menjelaskan mengatakan bahwa ketika seorang pria dan wanita saling mencintai, mereka suka dekat satu sama lain. Beri tahu mereka bahwa sel sperma pria itu bergabung dengan sel telur wanita dan kemudian bayinya mulai tumbuh. Sebagian besar anak di bawah usia 6 tahun akan menerima jawaban ini," ujar Steven Dowshen, seorang dokter anak, seperti dikutip dari KidsHealth.

Jawablah pertanyaannya secara langsung. Jangan memintanya diam dan tak lagi mengajukan pertanyaan. Jika memang Sahabat Dream bingung dan tak tahu jawaban yang tepat, minta waktu pada anak untuk mencari jawabannya.

Bisa juga mencari jawaban bersama. Ingat, ketertarikan dan rasa penasaran anak pada hal yang berbau seksualitas adalah hal yang sangat normal.

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan