Kunci Penting Agar Si Kecil 'Jatuh Cinta' dengan Ramadan

Ramadan jadi momen yang sangat tepat untuk mengajarkan nilai-nilai ibadah, kebaikan serta aspek spiritualitas.

Gladys Velonia
| 26 Mei 2017 14:01

Dream - Ramadan jadi bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Allah SWT mewajibkan umatnya yang sudah baligh untuk berpuasa dan menjanjikan pahala berlimpah serta hikmah bagi mereka yang menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Ramadan jadi momen yang sangat tepat untuk mengajarkan nilai-nilai ibadah, kebaikan serta aspek spiritualitas pada buah hati. Mungkin si kecil belum bisa berpuasa secara penuh, tapi
membuat pengalaman suasana Ramadan yang hangat akan membekas di ingatannya.

Salah satu hal yang bisa diajarkan adalah mengelola emosi dengan baik. Saat puasa, tentunya emosi harus dikontrol. Anda bisa mencontohkan bagaimana seseorang yang berpuasa tidak marah-marah dan merendam emosinya dengan baik.

" Anak jadi lebih peka terhadap situasi di sekitarnya. Ayah ibunya jadi lebih tenang dan menghindari konflik agar tak terpancing emosi. Komunikasi pun jadi lebih berkembang, karena bukan emosi yang didahulukan," ujar Roslina Verauli, seorang psikolog, saat ditemui Dream.co.id, beberapa waktu lalu.

Saat Ramadan anak juga bisa diajarkan kebaikan dengan mengajak mereka ikut saat memberi zakat di mesjid. Atau ketika ada acara buka puasa bersama di mana suasana keluarga jadi lebih hangat. Anak yang berpuasa juga mendapatkan kepuasan dan kebahagiaan ketika berhasil puasa penuh.

" Pengalaman saat Ramadan pada anak-anak itu sangat melekat. Pada anak yang berhasil puasa hingga Magrib pasti merasa bahagia karena mampu menjalankan perintah agama dan melakukan hal yang sama dengan orangtuanya," kata psikolog yang akrab disapa mbak Vera itu.

Buatlah suasana Ramadan di rumah sehangat mungkin untuk anak-anak. Jangan jadikan puasa sebagai 'beban' bagi anak-anak. Jika memang mereka belum wajib berpuasa tak perlu dipaksakan. Hal terpenting adalah buah hati mengganggap dan merasakan kalau Ramadan adalah bulan yang penuh kehangatan dan berkah untuk dirinya serta orang-orang di seklilingnya.

 

Topik Terkait :

Streaming Mengintip Incaran Rumah Baru Keluarga Anang, Harganya Rp 60 Miliar!

Jangan Lewatkan