Ciptakan Area Bebas Gadget di Rumah

Trik ini pada beberapa keluarga cukup efektif, asal dilakukan konsisten.

Mutia Nugraheni
| 4 Mei 2017 08:04

Dream - Dalam era milenial ini, siapa yang tidak suka memainkan ponsel atau gadget. Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak sekarang suka bermain gadget. Padahal mereka tidak menyadari bahwa bermain games di gadget, update status di akun sosial media, atau sekedar mengobrol di aplikasi chatting dengan teman, sama saja dengan mencuri waktu berharga bersama keluarga.

Jika dirasa aktivitas main gadget ini tak terkendali dan membuat komunikasi antar anggota keluarga terganggu tak ada salahnya untuk menciptakan area bebas gadget di rumah. Trik ini pada beberapa keluarga cukup efektif, asal dilakukan konsisten. Bukan hanya pada anak tetapi juga orangtua.

Di meja makan
Saat makan berarti memfokuskan pikiran dan fisik untuk makan bersama keluarga. Hindari membawa ponsel dan tablet ke meja makan. Akan lebih baik jika gadget di silent mode. Contohkan pada anak-anak bahwa pesan dari teman, panggilan telepon, dan pemberitahuan games bisa menunggu.

Di sekolah
Beberapa sekolah mengizinkan muridnya membawa handphone dan gadget lainnya. Tapi ada juga yang tak mengizinkannya. Jika memang sekolah tak mengizinkan, ikuti peraturan. Tapi jika memang sekolah membolehkan pastikan anak tak menggunakannya saat jam pelajaran.

Di kamar tidur
Tinggalkan gadget di luar kamar tidur. Biarkan ruangannya menjadi tempat anak untuk belajar dan beristirahat. Ketika Anda membuat aturan mengenai ponsel dengan anak, pantau terus aktivitas di gadgetnya. Awasi agar Anda yakin anak tidak menjadi korban bully atau tidak membuang-buang waktunya dengan memainkan gadget di dalam kamar.

Saat berlibur
Memang saat berlibur adalah saatnya mengabadikan momen liburan Anda sekeluarga. Tapi ada baiknya menjauhkan diri sejenak dari aktivitas sosial Anda di handphone dan internet untuk memiliki waktu santai bersama keluarga. Bersantailah tanpa mencemaskan harus mengisi ulang baterai gadget Anda.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

Sumber: The Spruce

 

Topik Terkait :

Umroh Bareng Pasangan, Foto Sweet Selebritis Saat di Mekkah

Jangan Lewatkan