Cerita Menyentuh Rasulullah Saat Ibu Angkatnya Meninggal Dunia

Pengasuhan Fathimah begitu membekas bagi Rasulullah.

Mutia Nugraheni
| 9 Januari 2020 12:02

Dream - Aminah, ibu kandung Nabi Muhammad meninggal dunia saat Rasul masih berusia 6 tahun. Setelah itu beliau diasuh oleh para kerabat, salah satunya adalah Fathimah. Perempuan ini merupakan bibi Rasulullah, yang merupakan ibu dari salah satu khalifah, yaitu Ali bin Abi Thalib ini.

Dikutip dari Bincang Muslimah, merupakan sosok perempuan saleha. Saat Rasulullah masih dalam tanggungan Abu Thalib atas wasiat kakeknya Abdul Muthallib, Fathimah ikut mengawasi keponakannya.

Ia mengasuh dan mengurus semua keperluan Nabi Muhammad SAW layaknya ibu kandung sendiri. Atas kasih sayang yang diberikannya, Rasulullah sangat memuliakannya.
Ketika menginjak dewasa dan telah memiliki rumah sendiri, Nabi Muhammad berusaha membalas kebaikan Fathimah dan suaminya yang saat itu krisis materi dengan mengasuh anak bungsu mereka, Ali bin Abi Thalib yang masih umur enam tahun.

Nabi Muhammad SAW mengasuh sepupunya sendiri, Ali bin Abi Thalib, yang kemudian dinikahkan dengan putrinya, Fatimah Az-Zahra. Saat sang bibi wafat, Nabi Muhammad SAW. duduk di samping jenazah beliau dan mendoakan.

" Semoga Allah merahmatimu wahai ibuku, engkaulah ibuku setelah ibu kandungku, ketika engkau lapar, justru engkau mengenyangkanku, ketika engkau tak punya baju, engkau justru memberikan ku baju, ketika engkau menahan diri untuk tidak makan makanan yang enak, engkau justru memberikanku makanan, engkau lakukan itu semua hanya semata karena Allah, dan akhirat" .

 

Selanjutnya :

Baju Rasul untuk Kain Kafan Fathimah

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan