Cerita Bocah dengan Autisme Taklukan Gunung Ciremai

Naik gunung malah membuat Max berlatih lebih fokus dan belajar banyak hal.

Mutia Nugraheni
| 24 Juli 2018 12:03

Dream - Max, putra dari Nyoman Sakyarsih sudah naik gunung sejak usia 5 bulan. Sang ibu memang sangat suka mendaki. Ia kerap membawa Max saat menjelajah berbagai gunung di Indonesia.

Rupanya sejak kecil Max menjalani terapi tumbuh kembang. Nyoman bercerita di akun Instagramnya kalau dokter baru saja mendiagnosis Max memiliki spektrum autisme. Vonis tersebut tak lantas membuat membuat kegemaran mereka berdua naik gunung terhenti.

 

A post shared by drh. nyomie n max (@nyomiez) on

"Hai kakak akhirnya max sampai ke puncak gunung ciremai 3078mdpl tgl 21 juli 2018. Ini puncak ke31 perjalanan max dengan mom sejak usia 5 bulan tapi dulu max selalu digendong . Jalan sendiri pertama kali di gunung rinjani umur 1th9bulan tapi setelah itu masih digendong juga sih," cerita Nyoman soal petualangnya dengan sang anak di akun Instagram @nyomiez.

Justru, menurut Nyoman, dengan naik gunung sang putra belajar banyak hal. Max jadi lebih fokus, berhati-hati, dan mampu mencapai puncak gunung Ciremai di usianya yang masih 5,5 tahun dengan berjalan sendiri.

"Dengan diagnosa autis mommy juga ga mau nyerah karena walaupun Max belum bisa bicara dan selalu lebih susah diam dibanding anak normal tapi Max selalu menunggu kapan perjalanan kami berikutnya. Naik gunung membantu Max supaya lebih fokus pada rute perjalanan, waktu dan cara melangkah mendaki maupun turun supaya tidak terpeleset, manajemen food and water, dan tentunya tidak bisa bermanja lagi minta gendong. Hasilnya sekarang Max luarbiasa stabil dalam perjalanan," ungkap Nyoman.

Selama mendaki gunung Ciremai, ibu dan anak ini menghabiskan 3 hari 2 malam. Sebetulnya bisa ditempuh dalam 1 malam, tapi perjalanan kali ini sangat mengikuti kondisi dan mood Max, mengingat ia berjalan sendiri dan tidak digendong.

Semangat ibu dan anak untuk ini patut diacungi jempol. Kondisi ekstrem saat naik gunung ternyata bisa dihadapi Max dengan baik. Keren, Max!

Topik Terkait :

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan